Dilema Pemerintah dan PSSI: Tolak Israel atau Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20?, Erick Thohir Buka Suara!

Dilema Pemerintah dan PSSI: Tolak Israel atau Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20?, Erick Thohir Buka Suara!

Timnas Israel mendapat penolakan keras dari berbagai elemen masyarakat di Indonesia untuk ikut Piala Dunia U-20-ilustrasi-Berbagai sumber

Gatot menambahkan, pemerintah juga harus menjaga hubungan diplomatik dengan negara-negara lain yang terlibat dalam ajang sepak bola tersebut. 

Ia berharap masyarakat bisa membedakan antara isu politik dan olahraga.

“Kita harus hormati hak-hak semua negara yang lolos kualifikasi untuk bermain di Indonesia. Kita juga harus menjaga hubungan baik dengan negara-negara lain yang ikut serta dalam Piala Dunia U-20," pungkasnya.

BACA JUGA:FIFA Gelontorkan Dana Rp 86.5 Miliar Untuk PSSI, Erick Thohir Beberkan Pengalokasiannya

Warga Solo Tola Kedatangan Timnas Israel

Sebelumnya, sejumlah warga yang tergabung dalam Aliansi Solo Raya menolak kehadiran timnas Israel di Indonesia saat Piala Dunia U-20 tahun 2023 yang akan digelar di kota Solo.

Mereka menggelar audiensi di DPRD Kota Solo pada Selasa (7/3) dan menyampaikan surat kepada Presiden Jokowi dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Menurut mereka, Israel telah melanggar berbagai resolusi PBB maupun perjanjian perdamaian dengan Palestina. Mereka juga menuding Israel sebagai negara penjajah dan pelaku kejahatan kemanusiaan. 

BACA JUGA:PSSI Dapat Suntikan Dana Rp 86,5 Miliar dari FIFA, Erick Thohir : Untuk Pengembangan Sepak Bola Nasional

Mereka meminta pemerintah Indonesia untuk tidak memberikan visa kepada timnas Israel dan memboikot pertandingan mereka.

“Kami mengirimkan surat kepada Pak Presiden Jokowi, dan Mbak Puan Maharani selaku Ketua DPR RI lewat DPRD Solo. Kami minta agar pemerintah Indonesia tidak memberikan visa kepada timnas Israel dan memboikot pertandingan mereka,” kata salah satu perwakilan Aliansi Solo Raya.

Seperti diketahui, akhir bulan ini akan dilaksanakan drawing Piala Dunia U-20 2023, yang bakal digelar di Taman Budaya Art Center, Denpasar, Bali pada 31 Maret, dengan turnamen tersebut akan dimulai pada 20 Mei sampai 11 Juni mendatang.

BACA JUGA:FIFA Cek Langsung 6 Stadion Untuk Piala Dunia U-20 2023, Erick Thohir: Tidak Penuhi Persyaratan Akan Dicoret

Rencananya, turnamen itu bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Sampai saat ini, sudah ada 20 negara, dari total 24, yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023, yaitu Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Gambia, Nigeria, Senegal, dan Tunisia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: