Apa Pengertian Gempa Bumi? Simak Penjelasan, Penyebab, Sampai Dampak yang Ditimbulkannya

Apa Pengertian Gempa Bumi? Simak Penjelasan, Penyebab, Sampai Dampak yang Ditimbulkannya

Ilustrasi gempa bumi-Pixabay/ HtcHnm-Pixabay/ HtcHnm

Seismologi menjelaskan bahwa gempa adalah peristiwa perambatan atau penjalaran gelombang gempa yang sampai ke permukaan bumi akibat lepasnya energi potensial yang dimiliki lapisan yang ada di bawah permukaan bumi secara mengejutkan dan tiba-tiba.

Gempa bumi terjadi karena adanya perubahan atau pergerakan kerak bumi yang disebut lempeng tektonik dan mengakibatkan perubahan letak permukaaan tanah secara signifikan dari posisi semula. 

Pusat gempa merupakan lokasi gempa di dalam kerak bumi di mana tenaga gempa bumi dibebaskan. 

Sementara, pusat gempa sendiri dibagi menjadi dua, yakni episentrum (titik gempa di permukaan bumi) dan hiposentrum (titik gempa di bawah permukaan bumi).

BACA JUGA:Wisata Air Balekambang Gondang Mojokerto Bisa Jadi Tempat Favorit Liburan Keluarga

BACA JUGA:Mario Dandy Dipolisikan Amanda, Kuasa Hukum: Apanya yang Dicemari

Penyebab Terjadinya Gempa Bumi

Penyebab utama terjadinya gempa bumi adalah pergerakan lempeng tektonik. 

Lempeng-lempeng ini dapat bergerak secara perlahan-lahan atau mendadak, yang menyebabkan terjadinya gempa bumi ketika permukaan bumi bergeser. 

Bberapa penyebab utama lain terjadinya gempa bumi, yaitu:

1. Gempa bumi dapat terjadi ketika tekanan dan gesekan antara lempeng tektonik meningkat hingga titik di mana batuan yang terdapat di bawah permukaan bumi tidak dapat lagi menahan tekanan tersebut, sehingga terjadi patahan atau retakan pada batuan tersebut.

2. Gempa bumi juga dapat terjadi ketika tekanan magma di dalam bumi meningkat, sehingga terjadi pembuangan magma ke permukaan bumi melalui retakan-retakan yang terjadi pada batuan di bawah permukaan bumi.

3. Gempa bumi juga dapat terjadi ketika terjadi aktivitas vulkanik, seperti letusan gunung berapi atau pembuangan lava.

4. Gempa bumi juga dapat terjadi ketika terjadi pergeseran lempeng tektonik yang cepat, seperti ketika lempeng tektonik saling bertabrakan atau saling menggeser satu sama lain.

5. Gempa bumi juga dapat terjadi akibat aktivitas manusia, seperti ketika terjadi penambangan terlalu dalam atau pembangunan gedung atau jembatan yang terlalu besar yang dapat mempengaruhi struktur bumi di bawahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: