Papua Jadi Prioritas Pembangunan, Jokowi Siapkan Anggaran Rp1.036 Triliun

Papua Jadi Prioritas Pembangunan, Jokowi Siapkan Anggaran Rp1.036 Triliun

Papua Jadi Prioritas Pembangunan, Jokowi Siapkan Anggaran Rp1.036 Triliun-Setpres-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Komitmen pemerintah memprioritaskan pembangunan Papua dan wilayah sekitarnya dari berbagai sektor, telah dibuktikan dengan berbagai pembangunan infrastuktur yang telah rampung di provinsi paling timur di Indonesia tersebut. 

Mulai pembangunan infrastruktur jalan Trans Papua sepanjang 3.462 kilometer (km), jalan perbatasan sepanjang 1.098 km, jembatan sepanjang 1,3 km, pembangunan bandara disejumah wilayah di sekitar wilayah Papua, dan pembangunan pos lintas batas. 

BACA JUGA:Pengadilan Agama Bandung Benarkan Alshad Ahmad dan Nissa Asyifa Sudah Bercerai

“Pembangunan kita ini sudah Indonesia sentris, bukan Jawa sentris. Dan tanah Papua menjadi prioritas pembangunan kita,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Papua Youth Center Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Papua, Selasa 21 Maret 2023.

Pada acara tersebut, Presiden Jokowi tiba di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua dalam rangka kunjungan kerja pada Senin 2o Maret 2023, sekitar pukul 19.45 WIT.

BACA JUGA:Bantuan dan Insentif Fiskal Resmi Diluncurkan Pemerintah Demi Percepatan Program KBLBB

Kedatangan Jokowi disambut oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Plh. Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun.

Anggaran Pembangunan Papua

Menurut Jokowi Total anggaran yang telah dikeluarkan untuk pembangunan dan disalurkan pada setiap tingkatan pemerintah daerah mencapai Rp1.036 triliun. 

Anggaran masif yang dikeluarkan oleh pemerintah itu, telah dimulai semenjak 2014 lalu.  

BACA JUGA:Cetak Gol Kemenangan Persib Vs Dewa United, Robi Darwis : Terima Kasih Pelatih, Pemain Senior !

Jokowi pun mengimbau, masyarakat Papua turut berpartisipasi aktif dalam mengawasinya. Sehingga, setiap anggaran yang dikeluarkan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat di sana.

“Saya minta diawasi, dikawal, dilihat betul. Karena duitnya gede sekali yang ada di tanah Papua,” pungkas Presiden. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: