Pernyataan Jokowi Soal Nasib Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023, 'Saya Sependapat dengan Dubes Palestina!'

Pernyataan Jokowi Soal Nasib Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023, 'Saya Sependapat dengan Dubes Palestina!'

Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta-Setkab-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo (Jokowi)  akhirnya memberikan pernyataan mengenai nasib Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 yang akan digelar tahun ini.

Dalam keterangan resminya di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa 28 Maret 2023, Jokowi mengungkapkan pihaknya melalui PSSI sedang mengirim tim untuk bertemu dengan FIFA untuk mencari solusi yang terbaik atas penolakan timnas Israel yang sedang marak saat ini.

BACA JUGA:Chery Serahkan 100 unit OMODA 5 Awal April, Angka SPK Terus Bertambah!

Atas penolakan tersebut FIFA pun membatalkan sesi drawing Piala Dunia U20 yang seharusnya akan berlangsung pada 31 Maret 2023 di Bali.

"Pertama ini prinsip, prinsip negara kita Indonesia yang selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan, mendukung kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung penyelesaian two state solution negara Israel dan negara Palestina merdeka," buka Jokowi dalam pernyataannya.

Hal tersebut menurutnya sesuai dengan konstitusi menolak penjajahan dalam bentuk apa pun dan selalu Indonesia sampaikan dalam forum-forum bilateral, multilateral mau pun forum internasional lainnya.

BACA JUGA:Sidak ke Terminal Pasar Jumat Malah Ketemu Mantan, Begini Reaksi Rian Mahendra: 'Saiki Pengawalku Ayu-ayu!'

"Dalam kesempatan ini saya juga menyampaikan bahwa Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U20 melalui proses bidding, melalui proses seleksi panjang dan pada proses akhir ada 3 kandidat negara yaitu Brazil, Indonesia dan Peru," ujarnya.

"Saat itu semua pihak berjuang bekerja keras bersama-sama agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 dan akhirnya bulan Oktober 2019 Indonesia ditunjuk tuan rumah Piala Dunia U20 oleh FIFA," jelas Jokowi.

BACA JUGA:Lirik Lagu 'Di Ujung Hari' - Ungu feat Siti Nurhaliza: Mungkin ini Cobaan

Jokowi pun mengungkapkan, merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia karena mendapat kepercayaan menyelenggarakan Piala Dunia U20, penyelenggaraan event olahraga paling banyak penggemarnya di seluruh dunia.

"Saat ditunjuk menjadi tuan rumah kita belum mengetahui siapa yang akan menjadi tim peserta karena masih dalam proses prakualifikasi dan kepastian timnas Israel lolos seleksi Piala Dunia U20 baru kita ketahui pada bulan Juli 2022," ungkapnya.

BACA JUGA:Rayakan Bulan Puasa, Suzuki Finance Indonesia Kasih Promo 'Berkah Ramadan'

"Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina karena dukungan kita terhadap Palestina selalu kokoh dan kuat," tegas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: