Begini Cara Mengobati Polip Pulpa Secara Alami

Begini Cara Mengobati Polip Pulpa Secara Alami

Ilustrasi pengobatan sakit gigi-Freepik.com-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Polip pulpa adalah salah satu masalah gigi yang sering muncul pada gigi patah atau berlubang yang membuat gusi disekitarnya jadi meradang.

Polip pulpa atau pulpitis hiperplastik adalah pembengkakan jaringan pulpa pada gigi berlubang sebagai reaksi terhadap iritasi akibat pembusukan gigi.

BACA JUGA:Adzan Pertama Berkumandang di Stadion Stamford Bridge, Ini Momen Klub Chelsea Menggelar Buka Puasa

Penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak segera ditangani dan belum ada cara mengobati polip pulpa secara alami. Segera konsultasi ke dokter untuk memperoleh pengobatan yang tepat.

Meskipun begitu, dr. Nadia Nurotul Fuadah salah satu dokter di laman aludokter mengungkapkan penyakit Polip pulpa bisa dicegah dan segera ditangani agar tidak terjadi komplikasi serius.

BACA JUGA:Belarus Akui Senjata Nuklir dari Rusia untuk Hadapi NATO: Terpaksa, Keamanan Kami Tertekan!

“Gigi yang berlubang cukup dalam, jika tidak langsung ditangani, memang bisa membuat pulpa (akar gigi) dan gusi di sekitarnya meradang, lantas membentuk benjolan yang disebut polip. Polip pulpa ini umumnya tidaklah berbahaya, namun ia bisa mudah berdarah, meradang, dan terus membesar ukurannya jika dibiarkan,” ujarnya dr. Nadia.

“Penanganan utama atas gigi berlubang dengan polip pulpa di dalamnya ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, yakni bisa dengan dengan memberikan beberapa jenis obat, mengangkat polipnya (polipektomi), menambal atau mencabut giginya, melakukan perawatan saluran akar, atau juga modalitas perawatan lainnya,” jelasnya.

BACA JUGA:5 Ide Cat Rumah Minimalis Tampak Depan Warna Cerah 2023, Cocok untuk Hunian Baru

Nadia juga menerangkan, pemilihan jenis penanganan atas gigi berlubang dan polip pulpa ini tentu tidak bisa dilakukan sembarangan, melainkan harus dengan memeriksa kondisi gigi secara langsung dan status kesehatan Anda secara umum. 

“Jadi, hanya dari konsultasi singkat semacam ini, bukan wewenang kami memutuskan penanganan terbaik untuk Anda,” terangnya.

“Kami sarankan, Anda berkonsultasilah langsung dengan dokter gigi yang memeriksa Anda agar dianjurkan saran penanganan yang tepat. Jika ragu, jangan segan meminta second opinion dengan periksa ke dokter gigi lainnya,” imbuhnya.

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dalam 3 Hari, Perhatikan 6 Tips Ini

Agar keluhan masalah gigi tersebut teratasi, Nadia menyarankan untuk lebih rajin menyikat gigi, bersihkan juga sela gigi dan lidah, kemudian berkumur dengan larutan kumur antiseptik supaya kebersihan gigi dan mulut lebih terjaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: