Bagaimana Cara Kerja Mesin 4 Tak? Begini Tahapan Siklusnya

Bagaimana Cara Kerja Mesin 4 Tak? Begini Tahapan Siklusnya

Penjelasan Tentang Motor Mesin 4 Tak-Free-Photos-Pixabay

Pada langkah ini, katup hisap terbuka dan piston bergerak dari TMA (Titik Mati Atas) ke TMB (Titik Mati Bawah), sehingga ruang bakar dalam silinder memperoleh campuran udara dan bahan bakar dari karburator atau sistem penyemprot bahan bakar. Campuran udara dan bahan bakar kemudian masuk ke dalam silinder.

2. Langkah kompresi (compression stroke)

Pada langkah ini, katup hisap tertutup dan piston bergerak dari TMB ke TMA, sehingga campuran udara dan bahan bakar dalam silinder dikompresi atau dipadatkan oleh piston yang bergerak naik. Akibatnya, tekanan dan suhu dalam silinder meningkat.

BACA JUGA:Evolusi Mesin Diesel Mitsubishi Pajero Sport yang Tangguh Cocok Untuk Dipakai Mudik

3. Langkah pembakaran (combustion stroke)

Pada langkah ini, busi menghasilkan percikan api yang menyebabkan campuran udara dan bahan bakar yang terkompresi terbakar dan menghasilkan gas buang yang panas dan bertekanan tinggi. Gas buang ini mendorong piston ke bawah dan menghasilkan tenaga.

4. Langkah buang (exhaust stroke)

Pada langkah ini, katup buang terbuka dan piston bergerak dari TMA ke TMB, sehingga gas buang keluar dari silinder ke saluran knalpot.

BACA JUGA:Inilah 5 Cara Meredakan Sakit Gigi dengan Pijatan Refleksi, Pahami Titik-titiknya, Reda Seketika!

Setelah langkah buang, siklus kembali ke langkah hisap dan proses 4-tak akan terus berlanjut secara berulang-ulang selama mesin dihidupkan.

Dalam mesin 4-tak, piston bergerak naik dan turun dalam silinder yang ditempatkan secara vertikal dan dihubungkan dengan poros engkol yang mengubah gerakan naik-turun piston menjadi gerakan putar yang dihubungkan dengan transmisi untuk menggerakkan roda dan menghasilkan tenaga pada kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: