Penelitian: Polusi Udara Bisa 'Membangunkan' Sel Kanker di Paru-paru Non-Perokok

Penelitian: Polusi Udara Bisa 'Membangunkan' Sel Kanker di Paru-paru Non-Perokok

Polusi Udara Berbahaya Bagi Paru-paru non-perokok-(Foto: Catazul/Pixabay)-

Penulis penelitian menulis bahwa mereka “menemukan hubungan yang signifikan antara tingkat PM2.5 dan kejadian kanker paru-paru untuk 32.957 kasus kanker paru-paru yang digerakkan oleh EGFR” yang termasuk dalam kumpulan data yang dianalisis.

PM2.5 – yang mendapatkan namanya dari ukuran partikel, berukuran diameter 2,5 mikrometer atau kurang – telah dikaitkan dengan kondisi kesehatan negatif lainnya seperti serangan jantung dan stroke. Partikel polutan, yang dihasilkan dari asap, knalpot kendaraan, dan emisi pembangkit listrik, cukup kecil untuk masuk ke paru-paru dan aliran darah.

Akan tetapi para peneliti juga memperhatikan bahwa beberapa sel kekebalan yang bergegas ke tempat peradangan mengandung protein pemicu peradangan, IL-1β. Dengan memblokir protein, kejadian kanker paru-paru pada tikus menurun.

Hasil studi tersebut menginformasikan permohonan penulis kepada pembuat undang-undang untuk inisiatif yang lebih baik untuk memerangi polusi yang dapat "mengurangi beban penyakit".

“Mekanisme yang telah kami identifikasi pada akhirnya dapat membantu kami menemukan cara yang lebih baik untuk mencegah dan mengobati kanker paru-paru pada orang yang tidak pernah merokok,” kata Swanton. “Jika kita dapat menghentikan pertumbuhan sel sebagai respons terhadap polusi udara, kita dapat mengurangi risiko kanker paru-paru.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: