Lengkap, Cara Membuat Penomoran Surat dengan Aplikasi dan Manual

Lengkap, Cara Membuat Penomoran Surat dengan Aplikasi dan Manual

Cara membuat nomor surat-Ilustrasi/Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID-Salah satu hal yang membedakan antara surat resmi dan tidak resmi adalah adanya sistem penomoran surat. 

Penomoran surat adalah serangkaian kode yang dimasukkan dalam surat, dan memiliki makna tertentu.

Nomor surat sangat penting dalam pembuatan surat resmi sebab Nomor surat akan menjadi identitas yang membedakan antara satu surat dengan surat-surat lainnya. 

BACA JUGA:Tata Cara Menulis di Amplop Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Dengan demikian, surat-surat tersebut menjadi kian mudah untuk dikelola lebih lanjut. Membuat penomoran surat cukup mudah. Bisa membuat secara manual atau dengan aplikasi. 

Salah satu aplikasi yang menyediakan layanan penomoran surat adalah aplikasi integraOffice Persuratan.

Dengan aplikasi ini, kegiatan birokratis pembuatan surat akan lebih mudah. Penomoran surat bisa dilakukan secara otomatis, demikian juga dengan sistem pengelolaannya. Jadi, kegiatan surat menyurat akan semakin praktis dengan aplikasi Integraoffice.

Selain menggunakan aplikasi, pembuatan penomoran surat juga bisa dibuat secara manual. Berikut ini adalah cara membuat penomoran surat secara manual;

BACA JUGA:Begini Trik atau Cara Menghitung Sudut

Aturan Penomoran Surat

Dalam pembuatan surat resmi, terdapat aturan penomoran yang sudah lazim digunakan. 

Nomor surat tidak bisa diletakkan pada posisi sembarangan. Umumnya, nomor surat ditulis di posisi kiri atas, tepat di bawah kepala surat.

Selain posisi yang tidak bisa sembarangan, kode-kode yang dimasukkan pun memiliki aturan tersendiri. Biasanya, dalam pembuatan surat resmi atau surat dinas, format nomor surat meliputi kode jenis surat, nomor urut, nama lembaga, urutan bulan (ditulis dengan angka romawi), serta tahun.

BACA JUGA:Cara Menghitung Kebutuhan Keramik yang Benar, Perhatikan Luas Areanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait