Kisah Inspiratif Pengusaha Helm Anak yang Berdayakan Desa
Pemilik usaha helm anak Hijmuku, Riadlul Muminin.-Lazada Indonesia-
JAKARTA, DISWAY.ID - Dilansir dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia pada tahun 2024 menunjukkan Provinsi Jawa Timur menyumbang 25,30 persen perekonomian di Pulau Jawa atau kedua setelah Jakarta.
Oleh karena itulah, begitu banyak pengusaha lokal asal Jawa Timur yang turut menyumbang perekonomian Pulau Jawa, tak terkecuali Hijmuku, produsen helm untuk anak-anak asal Surabaya yang digawangi Riadlul Muminin, atau yang akrab disapa Ryan.
Menjelang Hari Anak Sedunia yang jatuh pada 20 November 2024, Lazada Indonesia berbagi kisah inspiratif salah satu pengusaha asal Surabaya, Ryan.
Ia tidak hanya sukses memberdayakan desa di Surabaya, namun juga sukses membangun bisnis sembari mempromosikan pentingnya perlindungan anak saat berkendara.
BACA JUGA:Kota Cirebon Primadona Baru Destinasi Wisata, KAI Terus Upgrade Sarana KA
Mengawali kariernya sebagai teknisi Smartphone, Ryan mulai membangun usaha helm, khususnya helm anak, saat melihat anak kecil di desanya berkendara motor bersama orang tuanya tanpa mengenakan helm.
Sebagai seseorang yang bersahabat dengan roda dua, Ryan tahu betul risiko yang menghantui pengendara motor sehingga miris rasanya melihat anak kecil di sekitarnya bepergian tanpa pelindung kepala.
Melihat fenomena ini, Ryan tergerak untuk dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran akan keselamatan anak-anak dan mencegah risiko yang dapat terjadi di jalan.
Setelah melalui riset kecil-kecilan mengenai kebutuhan helm anak dan membuat desain yang sesuai, Ryan akhirnya bisa memproduksi helm anak yang tidak hanya nyaman, namun juga sesuai dengan standar keamanan.
"Kala itu masih sangat sulit mendapatkan helm yang bisa melindungi anak kecil saat berkendara motor. Akhirnya, saya terdorong untuk membangun usaha ini. Namun, sebagai pemula dalam dunia bisnis, saya dihadapkan dengan berbagai tantangan. Tapi, sebagai anak muda, harus sat set menghadapi apapun rintangan di depan mata," jelas Ryan dalam keterangan resminya pada Selasa 19 November 2024.
Perlahan tapi pasti, bisnis helm anak Ryan terus berkembang lebih besar. Ia dengan tekun memasarkan produknya dan mencari peluang untuk melebarkan sayap bisnisnya. Keseriusan membangun bisnis dijalani melalui upaya memperluas pasar dengan bergabung di Lazada juga di tahun 2019, menyadari bahwa potensi pasar di platform digital pun saat itu mulai berkembang.
BACA JUGA:Sejarah Hari Anak Sedunia 2024 dan Maknanya, Diperingati Setiap 20 November
Bergabung di Lazada membuka kesempatan lebih luas bagi Ryan untuk mempelajari dan menggunakan berbagai fitur di Lazada, mulai dari fitur kampanye dan promosi seperti Flash Sale, yang ternyata berhasil membuka pasar baru bagi Hijmuku, hingga Lazada University yang membantu Ryan dan tim untuk terus mempelajari cara mengoptimalkan performa toko.
Upaya Ryan berhasil dan omzet Hijmuku terus melejit, dan kini Ryan pun sudah memiliki brand helm sendiri, Joykidz, yang diperkenalkannya di tahun 2022 lalu. Bisnis berkembang, tantangan baru pun datang.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: