Puncak Arus Mudik Gelombang Pertama Diprediksi Terjadi Besok, Jumat 14 April

 Puncak Arus Mudik Gelombang Pertama Diprediksi Terjadi Besok, Jumat 14 April

Kenaikan signifikan volume lalu lintas (Lalin) terjadi di tol area Jabotabek dan Jawa Barat di hari Kedua Idul Fitri 2023.-Julian Romadhon-

JAKARTA, DISWAY.ID-Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 akan terjadi dalam dua gelombang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, puncak arus mudik dalam gelombang pertama akan dimulai besok Jumat 14 April 2023. 

“Diperkirakan Puncak arus mudik terjadi dua gelombang atau dua waktu,” ujar Trunoyudo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis 13 April 2023. 

BACA JUGA:Urai Kepadatan Arus Mudik Lebaran, Tol Japek Dibuka Empat Jalur

“Diperkirakan yang pertama adalah arus mudik pertama yaitu diprediksikan pada tanggal 14 April 2023,” imbuhnya.

Sedangkan untuk gelombang kedua arus mudik akan terjadi pada pekan depan pada hari Selasa 18 April 2023 dan Rabu 19 April 2023.

"Yang kedua pada puncak arus mudik kedua pada waktu tanggal 18 sampai dengan 19 April 2023,” jelasnya.

BACA JUGA:Mundur dari Sebelumnya, Puncak Arus Mudik Diprediksi 21-22 April

Sementara untuk arus balik juga diprediksi juga terjadi dalam dua gelombang, di mana gelombang pertama akan dimulai pada hari Selasa 25 April 2023. 

"Demikian juga pada puncak arus balik. Timeline yang diprediksikan yaitu antara tanggal 25 tanggal 26 April 2023 merupakan puncak arus balik gelombang pertama,” kata Trunoyudo.

"Pada gelombang yang kedua Puncak arus balik yang diperkirakan akan masuk ke Jakarta ya tentunya, ini tanggal 30 (April) sampai dengan tanggal 1 Mei 2023,” jelasnya.

BACA JUGA:Polisi Minta Pemudik Tertib Lalu Lintas, Perhatikan One Way hingga Pengalihan Arus

Sementara itu, Pemerintah meliputi Ditjen Pergubungan Darat, Korlantas Polri, dan Ditjen Bina Marga siap mengantisipasi lonjakan mobilitas orang dan barang yang bakal menyebabkan kemacetan di jalur transportasi darat, khususnya di jalan tol.

Jika dilihat dari mudik tahun 2022 lalu, berikut daftar titik gerbang tol (GT) rawan macet mudik yang perlu diwaspadai terutama bagi para pemudik dengan tujuan ke wilayah Jawa, yaitu GT Cikupa, GT Merak, GT Halim, GT Cikunir 2-6, GT Cikampek Utama, GT Kali Hurip Utama, GT Palimanan, GT Cileunyi, GT Padalarang, GT Pasteur Ciawi, GT Pejagan, GT Brebes, GT Pemalang, GT Kalikangkung, GT Krapyak, GT Banyumanik, GT Kejapanan, GT Singosari, GT Pandaan, GT Sidoarjo 2, GT Porong Sidoarjo, dan GT Gunung Sari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: