Intip Harta Kekayaan Walikota Bandung Yana Mulyana yang Terjaring OTT KPK, Punya Tanah hingga Harley Davidson!

Intip Harta Kekayaan Walikota Bandung Yana Mulyana yang Terjaring OTT KPK, Punya Tanah hingga Harley Davidson!

Wali Kota Bandung Yana Mulyana-Foto: ArviJE-Foto: ArviJE

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Wali Kota Bandung Yana Mulyana pada Kamis, 14 April 2023. 

Operasi Tangkap Tangan itu diduga terkait dengan suap proyek pengadaaan Closed Circuit Television (CCTV) keamanan dan jaringan internet di wilayah Kota Bandung.

Juru Bicara KPK, Ali Fikri membenarkan, bahwa OTT Wali Kota Bandung ini terkait program Bandung Smart City.

"Terkait dengan program Bandung Smart City dan pengadaan CCTV dan jaringan internet di Kota Bandung," kata ujar Ali Fikri soal OTT KPK itu, Jakarta, Sabtu 15 April 2023. 

BACA JUGA:9 Pejabat Dinas Perhubungan Diduga Terlibat Kasus Bandung Smart City, Ali Fikri: Sudah Kami Ringkus!

"Kami menemukan ada dugaan korupsi di sana," sambungnya.

"Ada transaksi berupa pemberian dan penerimaan uang terkait pengadaan unit CCTV dan internet dalam program Bandung Smart City tersebut," lanjutnya.

Lantas, berpa harta kekayaan Walikota Bandung Yana Mulyana yang tersandung dugaan Korupsi KPK? 

Ketika masih menjabat Wakil Wali Kota Bandung, harta kekayaan Yana Mulyana dilaporkan dalam LHKPN tahun 2021 senilai Rp 7.154.560.921 atau dibulatkan Rp 7,1 miliar. Laporan itu disampaikannya pada 09 Januari 2022.

BACA JUGA:Selain Pengadaan CCTV, KPK OTT Wali Kota Bandung Terkait Jaringan Internet

Sementara dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) KPK terbaru, Yana Mulyana tercatat memiliki harta kekayaan senilai Rp 8,5 miliar. LHKPN itu dilaporkan Yana ke KPK pada 16 Januari 2023. 

Jika dilihat dari rinciannya, sebagian besar harta Yana adalah berupa tanah dan bangunan seluas 396 meter persegi / 250 meter persegi. 

Jika ditaskir, harta tanah dan bangunan yang terletak di Kota Bandung itu bernilai Rp 5 miliar.

Seain itu, Yana Mulyana juga mengaku hanya memiliki dua kendaraan, yaitu mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar keluaran tahun 2019 senilai Rp 490 juta dan sebuah motor Harley-Davidson Fatboy keluaran 2013 senilai Rp 350 juta. Dengan total Rp 840 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: