Tegang! Sikap Tegas Panglima TNI Yudo ke KKB Papua Usai 4 Prajurit Ditemukan Tewas di Nduga

Tegang! Sikap Tegas Panglima TNI Yudo ke KKB Papua Usai 4 Prajurit Ditemukan Tewas di Nduga

Panglima TNI Yudo Margono-Instagram/@infokomando.offical-

JAKARTA, DISWAY.ID - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memberi keterangan usia mengetahui empat prajurit TNI yang sebelumnya dikabarkan hilang usai baku tembak dengan KKB Papua di Pos Militer Mugi, Nduga Papua ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

Empat prajurit yang gugur itu masing-masing Pratu Miftahul Arifin, Pratu I, Pratu K, dan Prada S yang semuanya tergabung dalam rombongan 36 prajurit saat bertugas menyisir wilayah Mugi-man, Nduga, Papua.

"Panglima TNI beserta segenap keluarga besar TNI turut berbelasungkawa atas gugurnya prajurit di Papua. Kiranya Tuhan memberikan bahagia di surga," kata Kapuspen TNI Laksamana Muda Julius Widjojono saat membacakan pernyataan Panglima TNI di Jakarta, Kamis 20 April 2023.

BACA JUGA:Kabar Duka! 4 Prajurit TNI yang Sempat Hilang Usai Baku Tembak dengan KKB Papua di Nduga Ditemukan Tewas

Julis memastikan, bahwa empat jenazah prajurit TNI yang gugur itu saat ini telah dievakuasi dari Nduga menuju RSUD Timika, Mimika, Papua.

"Upaya kerja keras Panglima TNI beserta segenap satuan tugas dihadapkan pada medan dan cuaca yang tidak bersahabat, (tetapi akhirnya kami) berhasil memastikan dan mengevakuasi prajurit-prajurit itu," ujarnya.

Julius menjelaskan, upaya pencarian tanpa henti itu merupakan wujud komitmen Panglima TNI bersama jajaran prajurit untuk menegakkan kedaulatan NKRI di Bumi Cenderawasih.

"Panglima TNI akan tetap pada komitmennya menegakkan kedaulatan NKRI secara nyata, faktual, dan terukur," tegasnya.

BACA JUGA:Sadisnya KKB Papua Paksa Panglima TNI Naikan Status Operasi, Kapuspen TNI: 'Ibu-ibu jadi Tameng'

Jajaran TNI pun meminta dukungan dari masyarakat agar masalah yang disebabkan oleh aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB) dapat segera berakhir.

"Mohon terus dukungannya agar kisah yang sudah mengkristal selama lebih dari 50 tahun di Bumi Papua segera tuntas sehingga rakyat aman, damai, dan sejahtera," pungkasnya.

Sebelumnya, baku tembak pun terjadi, beberapa prajurit berhasil menyelamatkan diri. Akan tetapi, tiga prajurit terkena luka tembak dan satu prajurit luka-luka karena terjatuh.

Para prajurit TNI yang diserang oleh KKB itu sedang menjalankan operasi pencarian dan penyelamatan pilot Susi Air, Phillip Mehrtens, yang disandera KKB sejak Februari 2023. 

Empat prajurit yang luka-luka itu telah dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit pada Selasa (18/4).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: