Program Mudik Idul Fitri 2023 Ditlantas PMJ Diapresiasi Berbagai Pihak

Program Mudik Idul Fitri 2023 Ditlantas PMJ Diapresiasi Berbagai Pihak

Suasana Tol Bekasi -tuahta simanjuntak-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Terobosan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya antisipasi mudik lebaran tahun 2023 diapresiasi berbagai pihak.

Komisioner Kompolnas, Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto Iskandar mengatakan program Ditlantas Polda Metro Jaya cukup bagus.

BACA JUGA:Malam Ini Diperkirakan Puncak Mudik di Jalan Tol Jakarta - Semarang

Beberapa langkah antisipasi lonjakan pergerakan kendaraan bermotor, khususnya jalur tol dan jalur arteri seperti mendirikan Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) pada titik-titik rawan kecelakaan dan kepadatan lalu lintas, dinilai antisipasif yakni cepat tanggap dan sangat tepat.

Selain itu, terkait melakukan rekayasa lalu lintas dan menyelenggarakan mudik gratis mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, keselamatan dan kenyamanan lebih terjamin serta irit pengeluaran biaya.

BACA JUGA:Lembaga Falakiyah PWNU DKI Jakarta Sebut Kemungkinan Hilal Tidak Terlihat Hari Ini

Dirinya berpesan terkait kerjasama sinergitas antar pemangku kepentingan mutlak diperlukan. Agar dampak yang didapat terwujudnya Kamseltibcarlantas terjaga dengan baik.

"Kami berharap agar dalam melayani masyarakat menyambut lebaran hari raya Idul Fitri 2023 ini, petugas polantas lebih sabar, selalu melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat," katanya kepada awak media.

BACA JUGA:Kronologi Pembunuhan Bos Oyo Terungkap, Didorong hingga Dilakban

Sementara Ketua Institut Studi Transportasi (INSTRAN), Ki Darmaningtyas menyebut beberapa usulan untuk perbaikan saat arus balik maupun mudik. Ke depan Ditlantas Polda Metro Jaya sebaiknya menerapkan kebijakan contraflow.

Menurutnya, hal tetsebut lebih pas karena selain dapat menambah kapasitas di jalur pergerakan utama, agar dapat memberikan kesempatan kepada kendaraan yang melawan arus untuk melintas, terutama angkutan umum.

Diungkapkannya, program Ditlantas Polda Metro Jaya dalam menangani arus mudik-arus balik lebaran tahun ini cukup baik. Inovasi yang dilakukan dalam upaya mengurai kemacetan dan kerawanan lakalantas dan kejahatan dengan melibatkan cukup banyak personil, dan pendirian titik-titik Pospam dan Posyan perlu diapresiasi.

BACA JUGA:Sakit Hati Jadi Motif Tersangka Bunuh Bos Penginapan Assirot

Sedangkan Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia, Edi Saputra Hasibuan mengucapkan apresiasinya.

"Tentu kami mengapresiasi langkah-langkah Ditlantas Polda Metro Jaya dalam menangani mudik lebaran tahun ini. Dengan program yang matang tersebut diharapkan mudik Polri Presisi semakin baik. Apalagi berbagai terobosan juga telah dibuat dan dijalankan," ucapnya.

"Rekayasa  lalu lintas juga terus diterapkan untuk memberi pelayanan kepada pengguna jalan. Namun demikian tentu itu tidak cukup bagi masyarakat. Kehadiran anggota di lapangan dalam membantu masyarakat sangat dibutuhkan," sambungnya.

BACA JUGA:Habib Rizieq Shihab Lebaran Ikut Pemerintah, Minta Jamaah Tak Perlu Panik

Menurut Edi Saputra, mudik gratis sangat berpengaruh untuk masyarakat. Mereka merasa terbantu. Masyarakat dimudahkan dan itu salah satu upaya juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Namun perlu dipikirkan juga adanya arus balik gratis biar seimbang.

Selain itu, pendirian Pospam dan Posyan dibeberapa titik rawan lakalantas dan kemacetan ini sangat bagus. Hal ini sangat  membantu masyatakat.

"Sudah sepantasnya kita apresiasi kerja keras dan maksimal Ditlantas Polda Metro Jaya dalam memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat." tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: