Arus Balik, 136.163 Orang Menyeberang ke Jawa dari Sumatera

Arus Balik, 136.163 Orang Menyeberang ke Jawa dari Sumatera

4.000 kendaraan pemudik dilaporkan telah menyeberan dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni-Foto/Dok/NtmcPolri-

Hal ini dikarenakan sebagian masyarakat sudah mulai kembali masuk kerja pada Rabu 26 April sekaligus berakhirnya cuti bersama sesuai penetapan Pemerintah yang berlaku 19 hingga 25 April 2023.

ASDP sendiri telah mengantisipasi arus balik Lebaran, dimana puncak arus diperkirakan terjadi dua kali.

BACA JUGA:Wiranto Sebut Prabowo Telah Penuhi Kriteria Capres

“Puncak arus balik pertama diprediksi pada Senin 24 April atau H+1 dan Selasa 25 April atau H+2, dan puncak arus balik kedua pada Minggu 30 April atau H+7 dan Senin 1 Mei atau H+8 yang bertepatan dengan libur Hari Buruh,” papar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin melalui keterangan tertulis, dikutip radarbanten (Disway National Network), Selasa 25 April 2023.

ASDP juga mengapresiasi pengguna jasa yang melakukan perjalanan mudik lebih awal, dan telah bertiket ketika tiba di Pelabuhan.

“Kami harap masyarakat dapat segera melakukan reservasi tiket, atur perjalanan balik lebih awal untuk menghindari antrian. Namun, kami juga mohon kerjasama dan perhatiannya kepada pengguna jasa untuk tetap mengikuti aturan agar menyeberang sesuai dengan tanggal dan waktu yang tertera di tiket,” ujarnya.

BACA JUGA:Terkuak! Rian Mahendra Beber 3 Tahap PO MTI Segera Rilis Armada Bus, Bocorkan Kenapa Harga Tiket Kencana Naik 2 Lipat

Pengguna jasa agar mengatur waktu di hari H keberangkatan agar tidak terlambat dengan melakukan check in dua jam sebelumnya. Tiket pun akan hangus atau tidak berlaku jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan.

Flyover Merak dipadati kendaraan dari Sumatera, Selasa 25 April 2023. Flyover Merak merupakan akses keluar dari Pelabuh Merak, ASDP Indonesia Ferry mencatat ribuan kendaraan sudah kembali dari Sumatera ke Jawa.

Demi kenyamanan para pemudik dimohon agar tidak membeli tiket di calo. Selain online, pemudik dapat membeli tiket di gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, Agen BRILink, dan lainnya. Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya.

ASDP akan terus mengupayakan tercapainya kelancaran, keamanan, dan ketertiban arus balik ini.

Layanan prima yang mengedepankan profesionalisme menjadi prioritas ASDP dalam melayani masyarakat dan menghubungkan nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: