Syekh Panji Gumilang Ciptakan 3 Versi Lagu Indonesia Raya yang Wajib Dinyanyikan Santri Ponpes Al-Zaytun, Berani Nyimak?

Syekh Panji Gumilang Ciptakan 3 Versi Lagu Indonesia Raya yang Wajib Dinyanyikan Santri Ponpes Al-Zaytun, Berani Nyimak?

Guru MTs Mahad Al-Zaytun yang sedang menyanyikan Lagu Indonesia Raya Stanza 3-Mts-AlZaytun.sch.id-

Sayangnya, hingga berita ini dibuat, tim Disway.id tak menemukan lirik lagu 3 versi Indonesia Raya yang diciptakan oleh Panji Gumilang.

Sosok Panji Gumilang

Orang-orang akan bertanya, siapa pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun di Indramayu, Jawa Barat.

Ya, jika melihat rekam jejak ponpes yang tengah viral gegara salat Idul Fitri mencampur shaf laki-laki dan perempuan, ternyata sempat promblematik.

Tak kenal maka tak sayang, adalah Abdussalam Rasyid Panji Gumilang atau lebih tersohor dengan panggilan Panji Gumilang, yang merupakan pendiri Ponpes Al-Zaytun ini.

BACA JUGA:Waspada 4 Bahaya Makanan Manis untuk Anak, Perhatikan Sebelum Terlambat!

Panji Gumilang mendirikan Ponpes Al-Zaytun ini di bawah naungan Yayasan Pesantren Indonesia (YPI).

Ponpes Al-Zaytun didirinya Panji Gumilang pada 13 Agustus 1996 dan diresmikan oleh Presiden B.J. Habibie pada 27 Agustus 1999.

Sosok Panji Gumilang sendiri adalah alumni Pondok Modern Gontor pada 1966. Ia lahir di Gresik, Jawa Timur pada 30 Juli 1946.

Pendidikan ilmu keagamaannya lalu dilanjutkan di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, di mana Panji Gumilang mengambil Fakultas Adab Jurusan Sastra dan Kebudayaan Islam.

BACA JUGA:Leo/Daniel Waspada Misi Balas Dendam Aaron/Soh di Badminton Asia Championships 2023

Tak berhenti di situ, Panji Gumilang lalu mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa bidang Management, Education and Human Resource oleh International Managemenr Centres Association (IMCA) pada 2004.

Dalam sebuah jurnal penelitian yang ditulis oleh Tabroni Roni mengenaik Pendidikan Islam (2019), Panji Gumilang disebut menerapkan One Pipe Education System atau sistem pendidikan satu pipa.

Maksudnya, sistem pendidikan satu pipa merupakan sistem pendidikan formal yang tak terputus dari tingkat dasar hingga level tinggi.

BACA JUGA:Lebaran Lutut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: