Mengenal Sistem VAR, Teknologi Kamera yang Bakal Dipakai di Liga Indonesia Musim Depan, Seperti Apa Cara Kerjanya di Lapangan?

Mengenal Sistem VAR, Teknologi Kamera yang Bakal Dipakai di Liga Indonesia Musim Depan, Seperti Apa Cara Kerjanya di Lapangan?

Video Assistant Referee (VAR)/ilutrasi-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan bahwa sistem Video Assistant Referee (VAR) atau Asisten Wasit Video mulai diberlakukan di Liga 1 musim depan.

"Di pertengahan musim mudah-mudahan VAR akan diberlakukan," kata Erick dikutip dari situs resmi PSSI pada Selasa 9 Mei 2023. 

Erick mengatakan, bahwa kepastian penggunaan sistem VAR untuk Liga 1 2023/2024 merupakan kesepakatan antara PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). 

"VAR akan menjadi solusi dalam mengatasi kontroversi yang acapkali terjadi dalam pertandingan sepakbola Indonesia," ujarnya.

BACA JUGA:Erick Thohir Bocorkan Jadwal Penggunaan Sistem VAR di Liga 1 Musim 2023-2024

Meski begitu, Erick menilai implementasi VAR tentu memerlukan waktu mengingat perlunya pelatihan dan adaptasi kepada seluruh perangkat pertandingan.

"Ini kesepakatan dengan PT Liga bahwa saya mau sistem VAR mesti dilakukan, tetapi enggak mungkin di awal musim langsung ada VAR. Kesepakatan dengan PT Liga, VAR di pertengahan musim," ucap Erick.

Di sisi lain, Erick juga tengah berdiskusi dengan PT LIB terkait stadion mana yang menjadi percontohan untuk sistem VAR.

"Anggap saja tahun ini percobaan dulu, tahun depan akan lebih maksimal. Kan semua membangun itu bertahap, tidak bisa langsung jadi," pungkasnya.

BACA JUGA:Update Perolehan Medali Sea Games 2023: Indonesia Kalah Unggul dari 3 Negara Ini

Apa Itu Video Assistant Referee (VAR)

Teknologi Video Assistant Referee (VAR) adalah sistem teknologi yang digunakan dalam pertandingan sepak bola untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan yang lebih akurat. 

Teknologi ini pertama kali diperkenalkan pada Piala Dunia FIFA 2018 dan sejak itu telah digunakan dalam pertandingan sepak bola di seluruh dunia.

Teknologi VAR terdiri dari beberapa kamera yang dipasang di seluruh stadion yang dapat merekam seluruh sudut lapangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: