Teka-teki Penyebab Bus PO Duta Wisata yang Terjun ke Jurang di Guci Akhirnya Terjawab, KNKT: Rem Tangan Berfungsi Baik, Tapi...

Teka-teki Penyebab Bus PO Duta Wisata yang Terjun ke Jurang di Guci Akhirnya Terjawab, KNKT: Rem Tangan Berfungsi Baik, Tapi...

Investigasi KNKT. -Foto/Tangkapan Layar-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bergerak untuk melakukan investigasi atau menyelidiki penyebab kecelakaan bus Pariwisata PO Duta Wisata yang terjun ke sungai di objek wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Dari hasil pemeriksaan sementara, KNKT mengatakan rem tangan pada bus tersebut berfungsi dengan baik dan dalam kondisi terkunci.

Diketahui bus Pariwisata PO Duta Wisata itu tengah membawa rombongan peziarah dari Pakujaya, Tangerang Selatan.

BACA JUGA:Jelang Rilis Data Inflasi, Nilai Tukar Rupaih Terhadap Dolar AS Hari Ini Diprediksi Melemah

Insiden armada bus Pariwisata yang terguling ke sungai di Objek wisata Guci mengakibatkan dua penumpang meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami luka-luka.

Dengan demikian, tim KNKT memeriksa secara detail bangkai bus yang terjun ke sungai di objek wisata Guci, Jawa Tengah Selasa 9 Mei 2023.

Pada pemeriksaan awal yang dilakukan oleh pihak KNKT dan Kepolisian difokuskan pada sistem handbrake atau rem tangan pada bus PO Duta Wisata.

Lebih lanjut, investigasi KNKT dilakukan bersama tim ahli ATPM Hino, Satreskrim dan Satlantas Polres Tegal.

BACA JUGA:Tertinggal Jauh! Perolehan Medali Emas Indonesia Dibalap Vietnam dan Thailand, Cek Klasemen SEA Games 2023 Terkini

Senior Investigator KNKT Ahmad Wildan mengatakan pemeriksaan dilakukan pada sistem handbrake atau rem tangan untuk mengetahui rem tangan berfungsi atau tidak.

Namun dari hasil temuan timnya, ternyata rem tangan bus yang jatuh ke jurang itu berfungsi dengan baik.

"Dari hasil temuan tim diketahui jika handbrake atau rem tangan dalam posisi mengunci dan berfungsi dengan baik," ujar Ahmad Wildan dalam keterangannya, Selasa 9 Mei 2023.

Kendati begitu, pihaknya akan mengukur kemampuan handbrake, seberapa kuat menahan beban dari bus tersebut dan akan dilakukan di laboratorium Hino.

BACA JUGA:Waduh! BMKG Perkirakan Cuaca Jakarta Barat dan Jakarta Selatan Hujan di Jam-jam Segini, Intip Cuaca di Tangerang Hingga Bogor Hari Ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: