Apa itu UKM Kuliah? Ternyata Ini 5 Manfaat Bagi Mahasiswa

Apa itu UKM Kuliah? Ternyata Ini 5 Manfaat Bagi Mahasiswa

Ilustrasi UKM Kuliah, LIga Film Mahasiswa ITB-Twitter/@lfmitb-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Buat kalian yang baru memasuki dunia perkuliahan, pasti bakal merasakan sebuah ruang khusus untuk para mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakatnya. 

Jika saat di sekolah kita menyebutnya ekskul (ekstrakurikuler), tapi kalau di perkuliahan disebutnya dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

BACA JUGA:Manajer yang Ajak Karyawati Staycation Diperiksa Polisi

Lalu apa itu UKM Kuliah? Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah suatu lembaga kemahasiswaan tempat berkumpulnya para mahasiswa yang mempunyai kesamaan minat, kegemaran, kreativitas, dan orientasi aktivitas penyaluran kegiatan ekstrakurikuler di dalam kampus.

UKM Kuliah merupakan organisasi kemahasiswaan yang mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler kemahasiswaan yang bersifat penalaran, minat dan kegemaran, kesejahteraan, dan minat khusus sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. 

BACA JUGA:Toyota bZ4X Temani Anggota Delegasi KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo

Kedudukan lembaga ini berada pada wilayah universitas yang secara aktif mengembangkan sistem pengelolaan organisasi secara mandiri.

Manfaat Mengikuti UKM Kuliah

Seperti dilansir dari laman AAK Pekalongan, mengikuti UKM tidak hanya sekedar menyalurkan minat dan bakat, loh! Kamu juga bisa mendapatkan manfaat yang akan sangat berguna saat kamu lulus kuliah nanti. Ini beberapa manfaat saat kamu mengikuti UKM.

1. Menambah wawasan

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan saat mengikuti UKM adalah menambah wawasan. Saat mengikuti suatu UKM, kamu jadi lebih berwawasan dan mempunyai pemikiran yang terbuka. 

BACA JUGA:Hyundai STARGAZER Active Punya Tampilan Baru, Harga Tetap Sama!

Biasanya dalam suatu UKM mempunyai anggota dari jurusan yang berbeda-beda, sehingga ini dapat memungkinkan terjadi pertukaran wawasan antara kamu dan anggota lain.

2. Pengalaman berorganisasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: