Wajib Tahu! Ini Jenis Makanan dan Minuman yang Mengandung Zat Purin Tinggi

Wajib Tahu! Ini Jenis Makanan dan Minuman yang Mengandung Zat Purin Tinggi

Daftar Makanan dan Minuman yang Mengandung Zat Purin Tinggi-@aisyahdaging-Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID - Berikut ini akan kami sampaikan informasi terkait dengan sederet makanan dan minuman yang mengandung zat purin tinggi.

Purin adalah senyawa organik yang terdapat secara alami dalam tubuh dan dapat juga ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan minuman.

Saat tubuh memecah purin, hasilnya adalah asam urat. Jika kadar asam urat di dalam tubuh terlalu tinggi, maka dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti penyakit asam urat, batu ginjal, dan penyakit jantung.

BACA JUGA:Resep Sundubu Jigae, Sup Tahu Pedas Korea yang Gurih dan Lezatnya Bikin Nagih!

Kadar asam urat yang tinggi dapat terjadi jika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau tidak mampu mengeluarkan cukup asam urat melalui ginjal.

Konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi dapat memicu produksi asam urat yang berlebihan dan menyebabkan kadar asam urat dalam darah meningkat.

Kondisi asam urat tinggi dapat menyebabkan terbentuknya kristal asam urat di dalam sendi, yang kemudian menyebabkan peradangan dan nyeri pada sendi.

Kondisi ini dikenal sebagai penyakit asam urat atau podagra. Selain itu, kristal asam urat juga dapat terbentuk di ginjal dan menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Resep Masakan Harian yang Unik dan Lezat

Oleh karena itu, bagi orang yang memiliki riwayat asam urat tinggi atau penyakit batu ginjal, sebaiknya menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi.

Namun, bagi orang yang sehat dan tidak memiliki riwayat masalah kesehatan tersebut, konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi dalam jumlah sedang masih diperbolehkan.

Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang mengandung zat purin tinggi:

Makanan:

BACA JUGA:Hobi Masak? Follow 5 Akun TikTok Ini Untuk Resep Baru yang Lezat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: