Tak Memicu Kanker, Malaysia Pastikan Indomie Rasa Ayam Spesial Aman Dikonsumsi

Tak Memicu Kanker, Malaysia Pastikan Indomie Rasa Ayam Spesial Aman Dikonsumsi

Indomie Rasa Ayam Spesial Aman untuk [email protected]

JAKARTA, DISWAY.ID - Dirjen Kemenkes Malaysia Dr Muhammad Radzi Abu Hassan memastikan bahwa Indomie rasa Ayam Spesial aman untuk dikonsumsi.

Sebelumnya ada dua merek mi instan yang ditarik peredarannya yakni Indomie Rasa Ayam Spesial dan Ah Lai White Curry Noodles.

Kedua jenis mi instan tersebut diduga dapat memicu penyakit kanker karena mengandung senyawa berbahaya, Etilen Oksida (EtO).

BACA JUGA:Indomie di Taiwan Bahaya, di Indonesia Apakah Sama? BPOM Beri Respons Tegas Begini

Namun setelah pemerintah Malaysia melakukan uji laboratorium ulang ditemukan hasilnya bahwa kedua produk mi instan tersebut telah memenuhi standar.

Bahkan dipastikan Indomie Rasa Ayam Spesial dan Ah Lai White Curry Noodles layak atau aman untuk dikonsumsi.

"Diperintahkan untuk ditarik kembali setelah terdeteksi etilen oksida, telah dipastikan aman untuk dikonsumsi dan memenuhi ketentuan perundang-undangan yang ditetapkan," jelas Dr Muhammad Radzi Abu Hassan, dikutip dari CNA pada Minggu, 14 Mei 2023.

BACA JUGA:Taiwan Diduga Temukan Zat Pemicu Kanker di Mi Instan Indomie, Sebabkan Iritasi Serius juga!

"Berdasarkan analisis laboratorium yang telah dilakukan pada sampel, Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa produk tersebut memenuhi undang-undang yang ditentukan dan aman untuk dimakan," tambahnya.

Radzi menjelaskan bahwa pemerintah Malaysia telah menerapkan 6  tingkat pemeriksaan untuk produk makanan impor berdasarkan risiko.

Jadi, Malaysia akan langsung menarik produk yang dinilai sudah tidak sesuai dengan aturan mereka.

"Untuk pemeriksaan Level 5 yaitu Hold, Test and Release (TUL), produk pangan yang masuk ke dalam negeri akan ditahan dan dianalisis terlebih dahulu," pungkas Radzi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: