Program Talenta Bangun Perkembangan Dunia Pendidikan dan Industri Kreatif Digital

Program Talenta Bangun Perkembangan Dunia Pendidikan dan Industri Kreatif Digital

Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) bersama Amazon Web Services (AWS) bekerja sama dengan Elitery menyelenggarakan forum diskusi Talenta 2023.-Dok. Kemenparekraf-

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) bersama Amazon Web Services (AWS) bekerja sama dengan Elitery menyelenggarakan forum diskusi Talenta 2023.

Program Talenta sendiri dibuat bertujuan untuk melakukan percepatan transformasi digital melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. 

Dalam diskusi Forum Talenta 2023 itu, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa infrastruktur digital dengan cloudbase sangat diperlukan saat ini karena menjamin keamanan data dalam pengembangan usaha ekonomi kreatif seperti start up dan UKM. 

BACA JUGA:Besok Ada Arak-Arakan Timnas U-22 dari GBK - Bundaran HI, Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

“UKM sangat memerlukan keamanan data sehingga kegiatan forum seperti ini sangat diperlukan, terutama dalam pengembangan SDM dan UKM di Indonesia, seperti yang dilakukan Elitery dalam melaksanakan program Talenta," kata Sandi dalam keterangannya, Kamis, 18 Mei 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Project Director of Talenta Program, Ahmad Gilang menjelaskan bahwa program Telenta akan berjalan 3 tahun dari November 2022 sampai November 2025. 

“Kami melibatkan 2 sektor yaitu pendidikan dalam hal ini universitas dan usaha start up atau UKM. Dari sisi universitas kami mengadakan pelatihan bagi mahasiswa, staf dan pengajar untuk meningkatkan kemampuan digitalnya. Untuk sisi UKM kami juga meningkatkan kemampuan digitalnya, menghubungkan dengan para investor, dan mengadakan pelatihan untuk peningkatkan kemampuan bisnisnya," ungkapnya. 

BACA JUGA:Dirujak Warganet Indonesia! Bek Thailand Jonathan Khemdee yang Buang Boneka dan Medali ke Penonton Minta Maaf: Manusia Tak Lepas dari Kesalahan!

Sementara itu, Regional Managing Director ASEAN Worldwide Public Sector, Amazon Web Services, Eric Conrad mengapresiasi adanya program Talenta tersebut. 

Menurutnya, program Talenta ini merupakan contoh bagus dalam usaha bersama dalam meningkatkan keahlian para pekerja lokal khususnya dalam bidang komputerisasi digital berbasis cloud, dan mendukung usaha start up, dalam mengadopsi perkembangan teknologi terkin. 

“Program Talenta meningkatkan kemampuannya, dan memberikan akses kepada para investor. Hasilnya, program ini membantu pertumbuhan bisnis lokal, dan ikut meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: