Kemenag Perkenalkan Madrasah English Community

Kemenag Perkenalkan Madrasah English Community

Peserta Madrasah English Community.-kemenag RI-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah memperkenalkan Madrasah English Community (MEC).

MEC yang diinisiasi oleh kerja sama antara Direktorat KSKK Madrasah dan Peace Corps tersebut merupakan program pengembangan bahasa Inggris di madrasah.

Program ini dirilis secara hybrid, Rabu 24 Mei 2023, dari jam 10:00-12:00 WIB.

BACA JUGA:Anggota DPR Sayangkan 'Living Cost' Dalam Mata Uang Rupiah, Memberatkan Jemaah Haji

Kegiatan MEC secara offline dilaksanakan di MTsN 7 Kediri sebagai salah satu madrasah yang menerima volunteer guru bahasa Inggris dari Peace Corps.

MEC merupakan kegiatan belajar bersama bahasa Inggris secara hybrid yang diasuh secara langsung oleh native speaker (penutur asli) untuk siswa-siswi madrasah jenjang MTs dan MA. Kegiatan perdana MEC ini diikuti 352 lembaga MTs dari seluruh Indonesia secara online.

Setiap lembaganya terdiri dari 2 hingga 3 kelas, dan setiap kelasnya terdiri dari 20-30 siswa. Mereka menggunakan platform zoom secara bersama-sama untuk mengikuti pembelajaran bahasa Inggris ini.

Rencana kegiatan pembelajaran bahasa Inggris secara online ini akan diselenggarakan setiap satu bulan sekali (monthly).

Dalam launching ini, Direktur KSKK Madrasah, Moh. Isom dan Direktur Peace Corps. Country, Christie Scott memberikan sambutan dan mengapresiasi kegiatan ini, serta berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, terutama guru-guru bahasa Inggris peserta MEC dan juga kepala madrasahnya.

BACA JUGA:4.000 Guru Madrasah Pensiun per Tahunnya, Kemenag Giatkan PPG Prajabatan

Direktur KSKK Madrasah mengapresiasi kegiatan ini. Sebab, kegiatan ini membantu meningkatkan kapasitas bahasa Inggris siswa-siswi madrasah.

"Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, mau tidak mau, ke depan kita akan menjadi bagian dari komunitas internasional. Kegiatan ini merupakan kesempatan berharga untuk menambah kemampuan bahasa Inggris sejak dini," ungkap Moh. Isom.

Launching MEC ini juga dihadiri Kepala MTsN 7 Kediri, Abbas Shofwan, dan juga Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Kediri, Abdullah Rosyad.

Setelah launching, kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris langsung dihandle oleh Sarah Mericle sebagai guru volunteer dari Peace Corps. Di awal pembelajaran, Sarah memperkenalkan dirinya, asal usulnya dan juga negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: