Poltak Sitinjak

Poltak Sitinjak

Jack Poltak Sitinjak bersama solar cell yang ada di Danau Toba.--

AIR DANAU TOBA bisa menghasilkan listrik lebih 600 MW untuk menghidupi industri aluminium milik Jepang. Sejak tahun 1979.

Baru kini, 42 tahun kemudian, air Danau Toba bisa menghasilkan listrik untuk sumber air bagi penduduk di tengah danau itu.

Untung ada anak rantau bernama Jack Poltak Sitinjak.

Ia berhasil membangun pembangkit listrik tenaga surya terapung. Di atas air danau Toba. Listriknya untuk menghidupkan pompa air. Airnya dialirkan ke desa Sitinjak di Pulau Samosir.

Sejak Maret lalu penduduk desa itu tidak perlu lagi pergi ke danau hanya untuk mengambil air. Jarak desa itu, ke pantai Toba, 1,6 km.

Cukup jauh untuk sekadar mengambil air: untuk mandi dan masak. Apalagi jalan dari danau ke desa itu menanjak.

Jack sebenarnya lahir di Siantar. Tapi umur 5 tahun sudah diajak bapaknya ke Sitinjak. Lewat Parapat. Naik perahu nelayan. Sekitar 1,5 jam.

Setelah itu pun Jack sering diajak ke Sitinjak: ayah ibunya lahir di kampung itu. Kesulitan hiduplah yang membuat ayah Jack merantau ke Siantar. Penduduk di pulau tengah Danau Toba itu sering gagal panen. Tidak ada air untuk pertanian. Sepenuhnya tergantung dari hujan.

Waktu Jack masih SD, ayahnya meninggal dunia. Jadilah ia anak yatim. Ia anak bungsu dari 11 bersaudara. Ibunya begitu sulit menghidupi 11 anak.

Untuk masa depannya, Jack dikirim ke Jakarta. Ia dimasukkan panti asuhan anak yatim: PA Vincentius Putera. Masuk SMP. Lalu ke STM St. Joseph jurusan listrik.

Setamat STM Jack bekerja di toko yang jualan pompa air. Di daerah Pecinan Jakarta. Tiga tahun di situ Jack ingin usaha sendiri: jualan pompa air.

Usahanya itu berhasil. Awalnya ia jualan langsung ke konsumen. Lama-lama ia perlu mendirikan perusahaan di bidang perdagangan pompa.

Sambil menjalankan usaha Jack masuk kuliah. Di Universitas Indonesia Esa Unggul Jakarta. Di jurusan elektro. Ia pilih Esa Unggul karena dekat dengan tempat usahanya.

Jack Poltak terus ingat kampung halaman bapaknya di Pulau Samosir. Ia tahu betapa sulit hidup di Desa Sitinjak.

Pertaniannya tergantung pada tadah hujan. Kalau kemarau panjang tidak ada tanaman yang bisa menghasilkan. Untuk air minum, masak dan mandi pun harus mengambil sendiri ke danau.

Inilah pulau yang letaknya di tengah danau tapi kesulitan air.

Belakangan banyak penduduk membeli pompa air. Berbahan minyak solar. Tapi harga solar mahal sekali.

Maka Jack punya ide: membangun solar cell terapung. Sebagai pengusaha pompa ia punya kemampuan untuk itu. Ia bangun dulu dermaga terapung. Terbuat dari rangkaian drum plastik: 8 x 16 meter.

Dermaga itu ia tarik ke tengah danau. Di atas dermaga terapung itulah solar cell digelar. Pakai tiang-tiang penyangga. Hasil listriknya untuk menghidupkan pompa air. Pompa itu dimasukkan ke dalam air. Sedalam sekitar 3 meter.

Jack harus membangun solar cell itu jauh dari pantai Samosir. Sekitar 80 meter ke tengah danau. Tujuannya: untuk mendapatkan air dalam. Agar bisa mendapat air yang lebih bersih. "Danau di dekat pantai sangat dangkal. Airnya berlumut," ujar Jack.

Dengan membangun solar cell agak di tengah, Jack bisa mendapat kedalaman 8 meter. Airnya bersih. Lalu dialirkan ke darat lewat pipa.

Agar ''dermaga Jack'' tidak lari-lari, Jack mencetak beton untuk pemberat. Empat buah. Masing-masing 1,6 ton. Beton itu ia tenggelamkan ke dasar danau. Dermaga drum itu diikatkan ke beton itu.

Dari dermaga itulah air dialirkan lewat pipa sejauh 1,6 km ke Desa Sitinjak: 2 liter per detik. Masyarakat pun membangun bak-bak air. Mendapat air dari pompa Jack secara gratis. "Kelebihan airnya untuk mengairi sawah," ujar Jack. Ia pun mengirimkan video ke sana. Isinya: air yang lagi mengucur membasahi tanaman padi.

Saya menelepon Jack kemarin malam. Ia lagi di Mesuji, pedalaman Lampung. Sudah beberapa tahun belakangan ia sering ke Mesuji. Terutama di hari libur. Ia punya kebun kelapa di sana.

Bukan kelapa sawit tapi kelapa pandan. "Seperti yang kita impor dari Thailand itu," ujarnya.

Kini memang kian banyak dijual kelapa muda yang kecil-kecil dengan sabut dikupas. Lalu dimasukkan kulkas.

"Tiap hari berapa truk Anda kirim kelapa pandan ke Jakarta?" tanya saya.

"Saya belum jualan," jawabnya.

"Pohon kelapanya sudah berumur berapa tahun?"

"Ada yang sudah 10 tahun".

"Berarti sudah bisa mulai jualan dong. Berapa ton?"

“Belum jualan. Yang saya tanami baru 5 hektare. Untuk senang-senang saja. Dimakan sendiri bersama teman," katanya.

"Total kebun Anda berapa ribu hektare?"

"Tidak ribuan. Hanya sekitar 100 hektare".

Jack Poltak Sitinjak juga membangun rumah di Sitinjak. Di atas tanah warisan kakeknya. Saat-saat ada upacara adat ia ke sana. Bersama istri dan tiga anaknya. Bisa tidur di rumah sendiri.

Si anak panti asuhan bisa berbuat begitu banyak untuk kampung ayah-ibunya. Ia tidak lahir di Samosir tapi ikatan adatnya masih sangat kuat dengan kampung itu.

Dari kampung itulah marga Sitinjak berasal. Bapak marga Sitinjak adalah keturunan ke-10 dari si Raja Batak.

Batak Samosir telah melahirkan tokoh-tokoh nasional seperti AE Manihuruk, Friedrich Silaban, sastrawan Sitor Situmorang, wartawan Parakitri Tahi Simbolon, dan politisi yang mau mengambil Partai Demokrat Jhoni Allen Marbun.

Tapi, mungkin baru Jack Poltak Sitinjak-lah yang akan jadi tokoh paling terkenal di marga Sitinjak.(Dahlan Iskan)


Disway Business Forum: Family Constitution.--

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 7 Juni 2023: Tiga Bintang

Rffnaaa Tharyyy
Emboen Sore Saat ini menikmati keindahan alam dan bulan purnama yang sedang mencari tau munculnya sangat Perfect. Mana mungkin orang baik selalu diremehkan Kau akan mendapatkan hadiah yang tak bisa emboen katakan saat ini. Suatu saat nanti lihatlah bagaimana cara bekerjanya sungguh kau hanyalah mendown kan mereka yang tidak memiliki salah apapun itu.

Riyono ,SKP
Bagaikan embun.Bening.Begitu saja.Namun memberi warna cerah pagi ini. Jangan tersenyum.Begitu saja.Tanpa ekspresi. Nanti wajahmu yang sudah ayu bertambah manis.Semanis tebu ditambah madu. Takut hatiku terkena diabetes.

Komentator Spesialis
Menurut saya usulan Prabowo ini realistis sebagai solusi konflik Ukraina-Rusia. Pertama, gencatan senjata hentikan perang. Kedua, buat zona perdamaian dibawah PBB. Rehabilitasi wilayah konflik. Ketiga, referendum. Dengan syarat Ukraina tidak pernah menjadi anggota NATO sesuai keinginan Rusia. Kalau itu gagal. Ya silahkan lanjutkan perang sampai salah satu kalah dan menyerah.

Juve Zhang
Pak Menhan jelas salah karena gak sejalan dengan bu Menlu dalam kebijakan LN Indonesia. Rusia masuk Ukraina jelas salah itu invasi namanya, PBB sudah mengecam dan Indonesia setuju ikut mengecam. Kalau referendum di Ukraina jelas gak masuk akal itu wilayah Sah dan Legal Ukraina, seharusnya referendum bagi penduduk mau pindah ke seberang wilayah Rusia atau tetap di wilayah Ukraina. Tapi bukan referendum pemisahan dari Ukraina karena tak ada sengketa wilayah daratan antara kedua negara. Mundur 15 atau 50 km itupun keliru dua duanya masih di wilayah Ukraina buat apa ada garis depan dsb. Yg betul memang usulan Juvezhang Referendum Penduduk mau pindah ke seberang atau tetap di wilayah Ukraina. Wjwkwkkwkw. Mau masuk ke masalah yg gak tahu masalahnya apa, akhirnya jadi masalah. Tentu ada Ukraina dalam hal ini Zelenksy yg gak paham atau pura pura gak tahu mau jadi anggota NATO yg membahayakan posisi Moskow karena terlalu dekat. Garis merah Putin sudah di langgar wajar kena timpuk tetangga. Ibarat nya Zelensky bertetangga sama Mike Tyson tapi ngajak istri Tyson jalan jalan ke Mall jelas saja pulang dari Mall di bogem sama Mike Tyson. Putin sudah bilang ukraina itu halaman depan Rusia. Untuk yg jauh seperti Georgia silakan gabung NATO tak masalah kata Putin. Memang Belajar Geopolitik dan Hukum Internasional penting bagi pejabat tinggi bukan asal omong dengan esmosi tinggi. Lihat Jenderal Li atau pun Jenderal Austin santai saja menjawab ataupun omong soal apapun , kita kok lihatnya aneh

yea aina
Seheboh-hebohnya pernyataan agar bisa menjadi bintang, hanyalah hilirisasi saja. Pasti ada cawe-cawe di bagian hulu sana. Bisa diukur dari kontroversi piala dunia Israel dan referendum Ukraina, dari siapa asal usul hulunya. Agak panjaaang.... Itulah cawe-cawe. Bukan coki-coki kwkwkw.

Tuan Sumartan
Emboen / Embun Pagi.. Apapun topik CHD Di Emboen pagi lah yang menjadi bintang komentarnya, salut.. para perusuh sangat kreatif memadukan kata Emboen Pagi dan Emboen pagi akan tetap berjaya sampai Abah Di berhenti menulis..

Mirza Mirwan
"Pemrakarsanya pun swasta -- sebuah lembaga think-tank Singapura", tulis Pak DI tentang Dialog Shangri-La. Perlu diluruskan. Lembaga think-tank yang memprakarsai Dialog Shangri-La adalah International Institute for Strategic Studies (IISS) yang berpusat di London -- Arundel House (sebelah utara Taman Tanggul Victoria). Nama resmi forum dialog itu juga "IISS Shangri-La Dialogue 2023". Selalu begitu, hanya beda tahun penyelenggaraannya. Yang membuka forum, sebelum pidato utama PM Australia pada Jumat malam juga Direktur Jenderal dan Kepala Eksekutif IISS, John Chipman. Dialog Shangri-La 2023 dihadiri 28 negara dengan sekitar 200 delegasi. Tetapi yang diunfang makan malam dengan Presiden Halimah Yacob hanya para mentedi pertahanan dan pejabat setingkatnya. Lloyd Austin bicara tentang US Leadership in the Indo-Pacific pada pleno pertama, Sabtu pagi, sekitar 55 menit. Menteri Prabowo bicara tentang Resolving Regional Tensions pada pleno ketiga, Sabtu siang. Sementara Menteri Li Shangfu bicara di pleno kelima, Minggu pagi. Btw, menulis komentar hanya untuk bukti bahwa tiap pagi saya tetap baca CHD, meski tidak berada di tanah air. Selamat pagi Bung Mario, Pakcik Chei, dan pembaca CHD lainnya.

bitrik sulaiman
Prihatin, hari gini msh sulit login. Hehe.

Udin Salemo
#everyday_berpantun Ka ladang batanam padi/ Padi ditanam anak bintungan/ Lah malang nasib si Budi/ Kini manunggu tiang gantungan/ Lah pulang urang mamukek/ Tabaok banyak ikan tanggiri/ Bak mintak sisiak ka limbek/ Manantang si matohari/ Banyak perantau ke pulau Jawa/ Belajar ukir kayu di Jepara/ Li Hui memang istimewa/ Di usia tua tetap dibutuhkan negara/ Ada ikan di bawah kolong/ Ikannya bukan ikan sarden/ Ada orang tua di negara inyong/ Sudah tua masih ambisi jadi presiden/

Kang Sabarikhlas
Emboen..(lagi² emboen) maaf kau ku injak² lha wong ada keributan, saya secepatnya ada ditengah tkp. dan Bu Tejo bercerita "gini lho Kang, saya sama Bu Rumpi' lagi bahas janda sebelah tiap hari kok dikirimi paket²..eh tiba² Cak Latah teriak CAWE-CAWE. saya tersinggung saya labrak dia.."... Cak Latah bantah "Kang, saya jual roti kan biasa teriak², tadi teriak Cawe-cawe ups, Cakwe-Cakwe Roti Goreng, kok dimarahi"... "sudah² ini salah paham". "lho Kang, pean itu penengah kok ndak solutip blas,.. hei Latah, jangan alasan pake kata² 'ups', nglamak lagi kamu takkandake sodaraku yg. bintang tiga" BuTejo pergi + show of force. anu..Bu Tejo apa anggota Nato ya kok anti damai,... lha Cak Latah apa sering baca CHD kok ngerti 'ups'.. anu juga,...Janda muda itu lho... duh, bener kata Wak Modin, ndak papa² lihat barang bagus, lihat tok.!,.saya lihat. parasnya persis Anna d'Armas.... cantiiiiiiik, maniiiiiiis... saya takut cawe².

Yusuf Ridho
Google belum tentu mengarahkan ke yang benar. Google hanya tahu yang populer. Siapa yang populer, meski salah, akan dipilih. Sebaliknya, yang tidak populer, meski benar, ditinggalkan. Yah, macam perilaku pemilih Nusantara.

Leong Putu
Technology semakin cangih. Dulu, sampai empat tahun yang lalu, tiap tahun hp harus ganti. Padahal HP mahal. (Hhhhh...tertawa suombooong) Kini, semua telah berubah. Bahkan Hp murah pun bisa awet sampai hampir empat tahu. Batrai tidak melemah sama sekali. Bahkan layarnya terlihat ada retakan pun masih bisa difungsikan. Hmmmmm....jaman memang telah berubah....

Johannes Kitono
Tugas seorang Mediator itu gampang gampang susah. Mendamaikan pasutri yang cekcok biasanya urusan mertua masing masing. Lebih baik damai dulu sebelum terjadi KDRT yang umumnya akan disusul dengan Talak Tiga.Proposal Perdamaian Menhan Prabowo untuk mengakhiri Perang Rusia vs Ukrainia harus dihargai oleh siapapun. Tentu dengan catatan para pihak yang sengketa bisa menerimanya.Ketika melihat respon Menhan Ukrainia yang tidak happy dengan proposal tsb. Jelas kali ini Menhan Probowo keceplosan. Terlalu spontan dan jelas belum melobby pihak Ukrainia yang merasa dirugikan dengan syarat syarat di Proposal tsb. Lucunya, malahan Presiden Jokowi menyatakan bahwa Proposal yang disampaikan oleh Menhan Prabowo adalah pendapat pribadi. Pasti proposal tsb akan jadi trendy joke di kalangan Kementrian Luar Negeri. Mungkin didunia ini hanya ada di Indonesia. Seorang Menhan yang masih Capres tapi sudah merasa telah menjadi Menlu bahkan Presiden. Tentu Presiden Republik Kartanegara yang fasih bahasa Inggrisnya.

Fiona Handoko
bagi wni tionghoa yg pernah sekolah mandarin kuomintang. pasti diajarkan. bahwa aslinya wilayah china itu di peta tampak seperti sehelai daun. namun akibat kong kali kong antara stalin dan *** *edong. mongolia dan sebagian wilayah daerah manchuria / heilongjiang hilang, lepas dari china. hingga di peta, wilayah china saat ini tampak seperti ayam jago (daun nya sudah krowak). mongolia atas bisa lepas merdeka. karna referendum yang disetel stalin. sedangkan daerah manchuria, bagian yang berhadapan dengan laut jepang dianeksasi stalin. termasuk kota pelabuhan vladivostok yang bebas beku selama winter.

Liam Then
Perang Ukraina-Rusia adalah salah satu contoh nyata lagi, hebatnya analis-analis ahlinya ahli di Amerika-NATO. Ibaratnya maen catur, sekarang dari benteng, peluncur, menteri, ratu, raja dari pihak Rusia, habes kelimpungan salah posisi gara-gara makan satu bidak yang disorongkan NATO. Jika zaman dulu 3 dekade lampau, analis Amerika mampu menganalisa tingkat kemajuan yang di capai oleh Tiongkok. Kemudian langsung berubah posisi politiknya. Kita tidak bisa tidak percaya, kalo perang Ukraina-Russia, bukan hasil setelan tangan-tangan tidak terlihat. Luar biasa hebatnya pada analis itu, kelihatannya kemampuannya semakin meningkat dua dekade ini, semenjak Iraq-Afganistan-Libya. Tidak pernah terlihat turun tangan langsung lagi. Coba lihat di Suriah-Yaman-Ukraina sekarang. Yang turun orang lain. Bisa gak disimpulkan kemampuan mereka sudah tambah lihai? Sementara di RI, kayaknya makin parah kemampuannya. Makan anggaran besi tower saja, ketahuan. Wkkwkwkwkwk. Bagaimana mau diharapkan sebagai backing kebijakan satu orang di pucuk kekuasaan? Skill mendasar nyolong aja ngga genah. Bagaimana mau dipercaya membacking perjalanan bangsa ke puncak pentas dunia? Tidak sampai batas karakter kali ini, saya takut tukang bakso.

Gregorius Indiarto
"Tiga Bintang" Bintang positif. Bintang negatif. Bintang dilangit. Dilangit banyak bintang. Diwarung banyak hutang. Dijemuran banyak.......... #serius, ini komen gak penting buanget.

Ada 5 tahapan ROP yang berbeda, dokter menggunakan tahapan ini untuk melacak seberapa serius ROP. Tahapannya berkisar dari tahap 1 (ringan) hingga tahap 5 (berat) : - Tahap 1 dan 2, bayi pada tahap ini biasanya membaik tanpa pengobatan dan terus memiliki penglihatan yang sehat. Dokter akan mengawasi bayi dengan hati-hati untuk melihat apakah ROP mereka semakin parah. - Tahap 3, seperti halnya Tahap 1 dan 2, tetapi beberapa bayi di antaranya ada yang membutuhkan perawatan untuk menghentikan pembuluh darah abnormal yang merusak retina dan menyebabkan ablasi retina (masalah mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan). - Tahap 4, bayi di tahap 4 memiliki retina yang terlepas sebagian dan memerlukan perawatan. - Tahap 5, pada tahap 5 ini retina terlepas sepenuhnya, bayi di tahap 5 kemungkinan besar akan mengalami kehilangan penglihatan atau kebutaan. Tahap 4 dan 5 sangat serius, bayi dalam tahap ini membutuhkan pembedahan, tetapi kemungkinan mengalami kehilangan penglihatan tetap sangat besar.

Putri Ariani peraih Golden Buzzer di American Got Talents ternyata dalam kondisi ROP (Retina of Premature). Apa itu ROP ?? ROP adalah Retinopathy Of Prematurity atau Retinopati Prematuritas, merupakan penyakit mata yang dapat terjadi pada bayi prematur (lahir dini) atau yang beratnya kurang dari 3 pounds saat lahir. ROP terjadi ketika pembuluh darah abnormal tumbuh di retina (lapisan jaringan peka cahaya di bagian belakang mata). Beberapa bayi dengan ROP memiliki kasus ringan dan sembuh tanpa pengobatan. Namun beberapa bayi lainnya memerlukan perawatan untuk melindungi penglihatannya dan mencegah kebutaan.

Yusuf Ridho
Ini sekadar pertemuan tidak resmi alias forum dialog bisa. Sayang seribu sayang, Prabowo Subianto berpidato dengan menggunakan bahasa Inggris. Itu terkesan dia kurang nasionalis. Apalagi, ia adalah tentara yang seharusnya berjiwa patriotis. Tirulah Li Hui yang berpidato dengan memakai bahasa Mandarin. Bahasa ibu. Bahasa jati diri bangsanya. Bangga dengan budaya sendiri. Meski, ia fasih berbahasa Rusia. Apatah lagi bahasa Inggris.

imau compo
Seandainya pidato Prabowo Subianto berbunyi: mari gencatan senjata, ciptakan zona nonmiliter sejauh 50 kilomerter.....mari kita bicarakan lagi 3 bulan kemudian. Diskursus semacam ini akan kita adakan setiap 3 bulan selama perang ini belum selesai. Saya yakin 3 bulan lagi saat ketemu kita akan bersepakat damai tetap lebih indah. Paling tidak, tidak berperang lebih baik. Diskursus diperlakukan sebagai meeting formal sehingga bikin PR besar di banyak negara. Presiden Jokowi yg lagi tersedak pun terpaksa bicara. Prabowo mesti belajar dari kondisi KORSEL vs Korut. Mereka tidak berdamai tapi juga tidak berperang. Jauh lebih baik. Penyanyi dangdut bilang situasi seperti Korut dan Korsel sebagai status janda bodong meskipun tidak ada surat cerai tapi masing-masing pihak bebas berekspresi. Pihak ketiga, apalagi perusuh, bisa membuat ekspresi gila di zona 50 km. Ajang camp jilid adalah yg paling sederhana bisa juga dipindahkan kesini, apalagi lomba seks Swedia tambah marak kalau venuenya di situ. Mari kita tunggu ide Bli Putu.....

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 147

  • Naila Rizkiyah
    Naila Rizkiyah
  • Nawang Arie
    Nawang Arie
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
    • bitrik sulaiman
      bitrik sulaiman
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Siti choirun Amala
    Siti choirun Amala
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
  • Churinia Dewi
    Churinia Dewi
  • Er Gham
    Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Rffnaaa Tharyyy
    Rffnaaa Tharyyy
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • yea aina
    yea aina
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Er Gham
      Er Gham
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Legeg Sunda
    Legeg Sunda
  • Samsul Arifin
    Samsul Arifin
  • Alfi Nur Afifah
    Alfi Nur Afifah
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • yea aina
      yea aina
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Liam Then
      Liam Then
  • yea aina
    yea aina
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • yea aina
      yea aina
  • Alfi Nur Afifah
    Alfi Nur Afifah
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Liam Then
      Liam Then
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Bedy Da Cunha
    Bedy Da Cunha
  • imau compo
    imau compo
    • Liam Then
      Liam Then
    • imau compo
      imau compo
    • Liam Then
      Liam Then
  • ibnuhidayat setyaningrum
    ibnuhidayat setyaningrum
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Liam Then
      Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • JIM vsp
    JIM vsp
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
  • Parganago Lumbanahor
    Parganago Lumbanahor
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Liam Then
    Liam Then
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Denny Herbert
    Denny Herbert
  • Jo Neka
    Jo Neka
  • Jo Neka
    Jo Neka
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Liam Then
      Liam Then
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
    • Liam Then
      Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • Riyono ,SKP
    Riyono ,SKP
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • Kalender Lengkap
    Kalender Lengkap
  • Jo Neka
    Jo Neka
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Chei Samen
      Chei Samen
  • Fauzan Samsuri
    Fauzan Samsuri
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
  • Er Gham
    Er Gham
  • Gianto Kwee
    Gianto Kwee
  • Er Gham
    Er Gham
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Chei Samen
      Chei Samen
    • Rffnaaa Tharyyy
      Rffnaaa Tharyyy