Sempat Negosiasi dengan Egianus Kogoya, Kapolda Papua Fokus Penyelamatan Pilot Susi Air di Nduga

Sempat Negosiasi dengan Egianus Kogoya, Kapolda Papua Fokus Penyelamatan Pilot Susi Air di Nduga

Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAYAPURA, DISWAY.ID-Kapolda Papua Irjen. Pol. Mathius D Fakhiri menyatakan pencarian pilot Susi Air Kapten Philips Mark Mehterns yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua masih terus dilakukan. 

Terkini, tim memusatkan penelusuran di sekitar wilayah Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Kapolda Mathius mengatakan, pihaknya akan berkolaborasi dengan Satgas Damai Cartenz dan TNI untuk membantu penangkapan terhadap pelaku penyanderaan serta penyelamatan pilot Susi Air tersebut.

BACA JUGA:Mahfud MD Tegaskan Tidak Boleh Libatkan Negara Lain Dalam Pembebasan Pilot Susi Air, Mantan Kabais: Masa Satu Pilot Ditukar Sama Papua

"Kita sudah mengambil langkah mulai dari tahap awal sampai dengan terakhir. Saya juga sudah bertemu dengan semua pihak maupun Tokoh agama, tokoh masyarakat untuk dapat bernegosiasi dengan kelompok Egianus Kogoya,” ungkap Mathius dalam keterangan tertulis, Sabtu 17 Juni 2023. 

Terkait dengan batasan waktu yang diberi kelompok Egianus Kogoya, Mathius mengatakan bahwa ini akan menjadi sebuah pertimbangan secara cermat untuk pihaknya melihat proses tersebut secara kehati-hatian dalam mengambil langkah-langkah penegakan hukum.

BACA JUGA:Menkopolhukam Pastikan Penyelamatan Pilot Susi Air Tak Libatkan Negara Lain

"Kami tidak mau nanti dampak yang kita lakukan itu bisa berakibat fatal pada pilot tersebut dan tentunya kami sudah memetakan bagaimana posisi yang ada pada pilot serta akan membuat rapat khusus untuk mengambil langkah-langkah cepat dalam sisa waktu yang ada ini untuk bisa betul-betul baik langkah negosiasi dan penegakan hukum akan kita lakukan,” ujar Mathius. 

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya selalu menyiapkan ruang untuk bernegosiasi dan untuk siapapun.

Bahkan, bagi yang merasa mampu berkomunikasi, aparat keamanan akan memberikan jaminan untuk hal itu.

BACA JUGA:14 Nakes Dievakusi ke Sorong Papua Akibat Ancaman KKB

BACA JUGA:Kapolda Papua Bocorkan Kondisi 4 Sandera KKB, Singgung Soal Pendarahan Korban

“Saya tidak bisa memberikan waktu cukup lama karena kami kan selalu ditanya sudah berapa lama kapan tentunya kecermatan dan ketelitian ini yang kita selalu dihitung dengan baik dan diperhatikan,” jelas Kapolda.

Ia menegaskan, jika ada unsur masyarakat dan unsur Pemerintah yang terlibat aktif dalam membantu kelompok Egianus Kogoya, maka akan berhadapan dengan proses hukum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: