Tips Jago SEO, Lewat Praktik Website dan Kemampuan Analisis

Tips Jago SEO, Lewat Praktik Website dan Kemampuan Analisis

ilustrasi SEO-Freepik.com-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Skill SEO atau search engine optimization menjadi salah satu Skill yang dibutuhkan di era digital, tidak hanya bagi pebisnis namun bagi siapa pun yang membutuhkan online presence di internet. 

Bagi pemilik website terutama, pasti menginginkan websitenya berada di paling atas pencarian Google.

BACA JUGA:Anggota DPRD Pandeglang Divonis 5 Bulan Penjara, Kasus Pencabulan

Mempelajari SEO bukanlah hal yang bisa dilakukan secara instan. Algoritma Google yang menjadi parameter SEO terus berubah, sehingga menuntut skill SEO untuk terus diperbarui seiring berjalannya waktu. 

Algoritma Google di tahun 2010 masih mengizinkan website dengan domain blogspot.com dan wordpress.com merajai pencarian teratas mesin pencari, namun tentu hal tersebut sudah berbeda di tahun 2023 yang mengutamakan website dengan top level domain dan konten bermanfaat.

BACA JUGA:Parade Karnaval Turut Meriahkan Event Jakarta Fair Kemayoran 2023

“Mendalami SEO berarti juga harus mau mengasah kemampuan analisis, karena kita perlu bisa menganalisa SEO dari website dan dari luar website, atau yang disebut on-page dan off-page. Cari tahu mengenai algoritma Google, apa yang berubah, bagaimana suatu website bisa naik atau turun, dan riset keyword,” ujar Muhammad Ariffudin, Senior SEO Content Writer Niagahoster, dalam keterangannya, Selasa 21 Juni 2023.

Skill SEO juga penting dilengkapi dengan skill komunikasi untuk kebutuhan SEO off-page. SEO off-page berarti bekerjasama dengan website lain untuk mencantumkan backlink yang mengarah pada website yang dimiliki. 

BACA JUGA:Jangan Sampai Kehabisan, Beli Motor Listrik Subsidi di JFK 2023 Cuma Rp 1 Jutaan!

“SEO tidak hanya bisa dilakukan di website sendiri, atau on-page, tapi juga off-page, sehingga jangkauan website bisa lebih luas,” lanjut pria yang akrab disapa Arif tersebut.

Pentingnya Praktik SEO dengan Website

Mempelajari dan mendalami SEO tidak akan cukup hanya dengan membaca artikel atau mengikuti kursus, dan tidak melakukan praktik langsung. Apalagi dengan SEO dan algoritma Google yang terus berkembang, skill SEO akan stagnan jika tanpa praktik.

“Medianya SEO adalah website, sehingga penting untuk praktik langsung SEO menggunakan website. Website itu bisa dilengkapi dengan konten sehingga bisa dipakai untuk mempelajari dasar-dasar dan cara kerja SEO dan algoritma Google, serta bagaimana agar website itu bisa terindex di Google,” jelas Arif.

BACA JUGA:Bagi Pecinta Alam, Eiger dan REI Diskon 50 Persen di Jakarta Fair

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: