Pantau Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Menhub: Kami Harus Memastikan

Pantau Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Menhub: Kami Harus Memastikan

Harga kereta cepat Jakarta-Bandung tersedia untuk tiga kelas.-KCIC-

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendampingi Menko Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, mengikuti uji coba Kereta Cepat JAKARTA Bandung (KCJB) pada Kamis 22 Juni 2023.

Rute uji coba tersebut mulai dari Stasiun Halim, Stasiun Padalarang, hingga Stasiun Tegalluar dan kembali lagi ke Stasiun Halim.

Menhub menekankan jika di sektor transportasi, aspek keselamatan baik sarana maupun prasarana merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, serta tidak dapat ditawar lagi. 

"Untuk itu sebelum KJCB beroperasi, kami harus memastikan ini dalam keadaan laik dengan melakukan serangkaian uji coba," ucap Menhub, dilansir dari laman Kemenhub, Minggu 25 Juni 2023.

BACA JUGA:Ada Batasan Operasional Truk Selama Libur Idul Adha 2023, Ini Penjelasan Kemenhub-Korlantas Polri

Di samping itu, Budi Karya mengungkapkan perjalanan kereta berjalan lancar dengan kecepatan 350Km/jam. 

"Kami sangat senang dapat mencoba kereta cepat. Keretanya nyaman saat melaju cepat, tidak ada goyangan dan kedap suara. Hal ini menunjukkan bahwa rel dibangun dengan baik, begitupun dengan keretanya," ucap Menhub.

Lebih lanjut, Menhub meminta pihak operator untuk memastikan tidak ada gangguan-gangguan yang terjadi, khususnya orang yang melintas di sekitar jalur kereta cepat.

Menhub mengatakan, pihaknya terus melakukan pengawasan secara intensif bersama dengan pihak konsultan dari eropa, dan melakukan serangkaian ujicoba (commissioning test) sebelum mengeluarkan izin operasi.

BACA JUGA:Aturan Gunakan Masker Transportasi Umum Dicabut, Kemenhub: Jangan Lupa Hand Sanitizer dan Aplikasi SATU SEHAT

"Izin operasi kami berikan paling lambat 1 Oktober. Mungkin juga lebih cepat pada 18 Agustus,” ujar Menhub.

Selain itu, Menhub menjelaskan tengah menyiapkan sejumlah regulasi terkait kereta cepat seperti misalnya terkait tarif, dan lain sebagainya. 

“Kami akan membuat satu regulasi baru yang diadaptasi dari berbagai negara tentang kereta cepat,” kata Menhub.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, ujicoba menggunakan Comprehensive Inspection Train atau Kereta Inspeksi KCJB hingga 350 km/jam ini berjalan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: