KPU Gelar Rapat Pleno Untuk Penetapan DPT, Merekapitulasi Daftar Pemilih

KPU Gelar Rapat Pleno Untuk Penetapan DPT, Merekapitulasi Daftar Pemilih

KPU melakukan rapat pleno terbuka soal penetapan DPT-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengadakan rapat pleno terbuka penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Ruang Sidang Utama KPU RI, Jakarta Pusat, Minggu, 2 Juli 2023.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa rapat pleno tersebut diadakan untuk merekapitulasi daftar pemilih yang sebelumnya sudah ditetapkan pada 20-21 Juni 2023 oleh KPU Kabupaten/Kota.

Tidak hanya itu, bahkan berdasarkan Undang-Undang (UU) Pemilu, penetapan DPT sendiri merupakan kewenangan KPU Kabupaten Kota dan PPLN. 

BACA JUGA:Rusia Gempur Kiev Dengan Dron Semalaman

BACA JUGA:Pilot Susi Air Belum Dieksekusi, Pimpinan OPM: Dia Masih Sehat Bersama Egianus Kagoya

“Pada hari ini, Ahad 2 Juli 2023 kita bersama-sama akan melaksanakan salah satu kegiatan penting yaitu menetapkan rekapitulasi DPT 2024,” ujar Hasyim Asy'ari dalam sambutannya. 

"Sesungguhnya kewenangan untuk menetapkan DPT menurut UU Pemilu, itu adalah kewenangan KPU Kabupaten Kota, dan untuk di luar negeri oleh PPLN," lanjutnya. 

Adapun KPU Kabupaten Kota sendiri telah menetapkan hasil DPT nya pada 20-21 Juni 2023 lalu. 

BACA JUGA:Kapolda Papua Ditipu, Pimpinan OPM: Kami Tidak Pernah Minta Uang dan Senjata

BACA JUGA:Buntut Kasus Panji Gumilang, MUI dan Kemenag Terseret Ikut Diperiksa Bareskrim

Sebelumnya, KPU RI sempat menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS), yaitu sebanyak 205.853.518 pemilih pada Selasa, 18 April 2023 lalu. 

Kemudian, data DPS tersebut dimutakhirkan menjadi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan dimutakhirkan lagi menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sedangkan penyusunan daftar pemilih sendiri telah oleh pihak penyelanggara pemilu, yakni KPU RI telah berlangsung sejak 14 Desember 2022 lalu. 

BACA JUGA:Duh! Harga BBM Pertamina Terbaru Hari Ini Kompak Naik Rp 400 per liter, Cek Daftar Harga Seluruh SPBU RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: