Dilirik Internasional, BRIN Bakal Fasilitasi Penelitian Nikuba: Banyak yang Harus Disempurnakan!

Dilirik Internasional, BRIN Bakal Fasilitasi Penelitian Nikuba: Banyak yang Harus Disempurnakan!

CEO Iwan Piliang Yakin Nikuba Hidrogen Bakal Mendunia/Foto:Disway.id-Istimewa-

Dalam pertemuan tersebut, Ducati dan Ferrari mengungkapkan ketertarikannya pada Nikuba dan akan menjadikan Nikuba sebagai salah sati parts yang akan di gunakan pada kendaraan Ducati dan Ferrari kedepannya.

Nikuba Akan Dipasarkan di Brasil dan Afrika

Selain itu, dalam perjanjian kerjasama juga disebutkan jika Nikuba akan dipasarkan di Brasil dan Afrika setelah penyempurnaan disain.

Kedatangan Aryanto ke Italia juga bukan hanya sekali ini saja, namun rencananya pada September mendatang, penemu Nikuba asal Cirebon ini juga akan kembali ke Italia untuk melakukan pengembangan disain Nikuba.

BACA JUGA:Nikuba Tembus Pasar Dunia, CEO Niku Banyu: Setiap Invensi Tak Mendapat Perhatian di Indonesia

Selama 13 hari Aryanto berkunjung ke Italia, selain melakukan presentasi, Aryanto juga melakukan uji coba Nikuba di kendaraan asal Italia tersebut.

Dari postingan di akun media sosialnya, terlihat Aryanto tengah melakukan uji coba Nikuba pada salah satu kendaraan Ducati bersama pihak dari sepeda motor lansiran Italia tersebut.

Rencananya kerjasama Nikuba dengan Ducati dan Ferrari ini nantinya akan digunakan pengembangan alat konversi untuk kendaraan listrik.

Fungsi dan Cara Nikuba

Dapat diketahui, Nikuba merupakan akronim dari ‘Niku Banyu’ atau ‘Ini Air’ yang dapat mengkonversi air melalui sistem pemisahan hidrogen dan oksigen pada kandungan air yang telah dielektrolisis menjadi hidrogen yang digunakan sebagai bahan bakar.

Nikuba merupakan alat berbentuk kotak seukuran bola voli. Di dalamnya ada semacam katalis yang berfungsi memisahkan antara hidrogen (H2) dan oksigen (O2) yang terkandung di dalam air (H2O) melalui proses elektrolisis.

Pemisahan hidrogen dan oksigen yang terkandung di dalam air akan menciptakan reaksi anoda dan katoda. Adapun air yang digunakan harus bebas dari kandungan logam berat.

Dari hasil pemisahan yang terjadi di alat Nikuba, hidrogen kemudian dialirkan ke intake motor. Intake merupakan bagian dari mesin yang berbentuk pipa tabung yang terletak di bagian atas mesin. 

Fungsi intake adalah untuk mengantarkan campuran udara dan bahan bakar ke silinder mesin agar digunakan untuk proses pembakaran.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: