Dituding Politisasi JIS, Erick Thohir Beri Jawaban Menohok, Direspons Anies Baswedan

Dituding Politisasi JIS, Erick Thohir Beri Jawaban Menohok, Direspons Anies Baswedan

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (dua dari kanan) saat meninjau Jakarta International Stadium (JIS) pada Selasa, 4 Juli 2023 bersama sejumlah kementerian-PSSI-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Sejumlah kalangan menuding pemerintah dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir tengah mempolitisasi Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Rencana renovasi JIS dituding sebagai upaya politisasi untuk menunjukkan kekurangannya yang dianggap tidak sesuai standar FIFA.  

Tudingan politisasi tersebut terlihat saat Erick Thohir hingga turut melakukan inspeksi bersama sejumlah kementerian ke JIS.

BACA JUGA:Erick Thohir Berani Bertaruh JIS Pasti Dicoret Jika FIFA Datang Hari Ini: Ayo Salaman Sama Saya

Juru bicara Anies Baswedan, Surya Tjandra menyebut inspeksi pemerintah ke JIS merupakan hal berlebihan.

Apalagi inspeksi hanya difokuskan pada rencana perbaikan rumput stadion yang bahkan banyak digunakan oleh stadion internasional lain.

“Tiba-tiba ada yang jadi ahli rumput hanya untuk menunjukkan kekurangan JIS. Jelas ini hanya ditujukan untuk politisasi capres Anies Baswedan,” ucap Surya dalam keterangan tertulis, Rabu 5 Juli 2023.

Dituding politisasi JIS yang akan diajukan sebagai venue Piala Dunia U-17, Erick Thohir memberi jawaban menohok.

Rencana renovasi JIS dilakukan sebagai bagian dari usaha agar lolos inspeksi sebagai stadion Piala Dunia.

Pemerintah, ditegaskan Erick Thohir, justru serius mempromosikan JIS kepada FIFA sebagai salah satu lokasi Piala Dunia U-17.

BACA JUGA:Selain Penistaan Agama, Panji Gumilang Diduga Menyebarkan Ujaran Kebencian dan Hoax

"Kalau JIS ini dikaitkan dengan isu politik kebalik dong. Justru pemerintah ini mau merenovasi 22 stadion untuk standar internasional dan FIFA. Pemerintah juga akan mengajukan lapangan-lapangan untuk U-17. Ada enam atau 8 lapangan yang mau diajukan, termasuk JIS. Tapi sebelum diajukan kan kita harus perbaiki kualitasnya. Stadion GBK waktu diajukan sebagai lokasi Asian Games pun rumputnya diperbaiki total dan ada perbaikan akses. Ini (JIS) juga sama," ujar Erick Thohir kepada sejumlah wartawan, Kamis 6 Juli 2023.

Erick mengajak seluruh pihak untuk mendukung usaha menjadikan JIS dan stadion lain sebagai lokasi Piala Dunia U-17.

Oleh karenanya, standar tinggi harus dipenuhi agar stadion bisa lolos inspeksi FIFA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: