Ini Profil Kepala dan Struktur Jabatan BRIN, Lembaga Riset yang Sempat Cemooh Nikuba

Ini Profil Kepala dan Struktur Jabatan BRIN, Lembaga Riset yang Sempat Cemooh Nikuba

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko (kiri), Ketua Dewan Pengarah BRIN, Megawati Soekarno Putri (kanan)-Kolase -disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID-Viral Nikuba karya Aryanto Misel yang dilirik internasional, membuat netizen ramai-ramai mencibiri BRIN

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dicibir netizen karena awal Nikuba terungkap, BRIN disebut menyangkal penemuan Aryanto Misel, Nikuba dan mengatakan bahwa hal itu tidak masuk akal. 

Tidak sedikit Netizen menuntut BRIN dibubarkan karena dianggap mengecewakan soal Nikuba ini. BRIN juga dianggap tidak memiliki prestasi dalam temuan dan inovasi. 

BACA JUGA:BRIN Nyusul ke Italia Setelah Menentang Nikuba, Aryanto Misel: Hati Saya Tidak Menerima

Lalu sebenarnya apa itu BRIN dan sejak kapan berkiprah di Indonesia ?

BRIN dibentuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) bedasarkan Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2019 yang melekat kepada Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) sehingga Menteri Riset dan Teknologi juga bertindak sebagai Kepala BRIN saat itu.

Pada 5 Mei 2021, Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2021, yang secara efektif menetapkan BRIN sebagai satu-satunya badan penelitian nasional, meneruskan Komite Inovasi Nasional. 

BACA JUGA:BRIN Bikin Aryanto Misel Muak Gegara Nikuba Mau Diotak-atik: 'Jujur Saya Mulai Enek Pas di Italia'

Peraturan tersebut memutuskan bahwa semua lembaga penelitian milik pemerintah yang meliputi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) serta unit kerja yang melaksanakan tugas dan fungsi riset di lingkungan kementerian/lembaga pemerintah bergabung menjadi BRIN. 

Dalam perkembangannya kemudian, Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2021 dicabut dan digantikan dengan Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional

Jokowi juga menunjuk sejumlah menteri dan tokoh untuk menjadi Dewan Pengarah. Mengutip BRIN, Dewan Pengarah BRIN diketuai oleh Megawati Soekarno Putri. Kemudian wakil Ketua Dewan pengarah BRIN ada Sri Mulyani. Suharso Monoarfa juga menjabat Wakil Ketua Dewan Pengarah BRIN. 

BACA JUGA:Kekesalan Aryanto Misel saat BRIN Ikut ke Italia, Mulanya Nikuba Ditentang Keras: Ngapain Itu?

Sekretaris Dewan Pengarah BRIN ada nama Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto di sana. 

Selanjutnya ada nama Emil Salim, I Gede Wenten, Adi Utarini, Tri Mumpuni, Bambang Kesowo dan Marsudi Wahyu Kisworo sebagai anggota Dewan Pengarah BRIN. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: