Fenomena Fase Full Moon 1 Agustus, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Banjir Rob di Sejumlah Daerah

Fenomena Fase Full Moon 1 Agustus, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Banjir Rob di Sejumlah Daerah

Ada fenomena Super New Moon, BMKG ingatkan wilayah pesisir waspada banjir rob-Ilustrasi-Pixabay

BANTEN, DISWAY.ID-Peringatan dini potensi banjir Rob di keluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo dalam keterangan resminya menjelaskan, banjir rob disebabkan oleh adanya fenomena fase bulan purnama (Full Moon) pada  1 Agustus 2023. 

Momen tersebut bersamaan dengan Perigee (Jarak terdekat bulan ke bumi) pada 2 Agustus 2023 yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. 

BACA JUGA:Waspada Banjir Rob di Jakarta Utara Hingga 6 Februari Mendatang

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, di antaranya Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Kepulauan Riau, Pesisir Banten,  Pesisir utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Jawa Timur, Pesisir Bali, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Maluku, Pesisir Papua Selatan.

BACA JUGA:Apa Itu Siklon Tropis Doksuri yang Ditakuti BMKG? Wilayah Perairan Ini Harap Waspada Gelombang 6 Meter

BACA JUGA:BMKG Wanti-wanti Pergerekan Siklon Tropis Doksuri, Gelombang Tinggi 6 Meter Terjadi di 9 Wilayah Perairan Ini

“Potensi banjir pesisir (rob) ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah (terlampir), yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” ujarnya, Minggu 30 Juli 2023.

Eko mengatakan, masyarakat diimbau selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

Data yang dihimpun, lokasi dan potensi Rab di Banten berpeluang terjadi di pesisir utara Banten 31 Juli – 2 Agustus 2023, pesisir barat Banten 31 Juli – 5 Agustus 2023, pesisir selatan Banten 30 Juli – 6 Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: