Petugas PLN Kawasan Istana: Dulu Kami Lari Kesana Kemari Antisipasi Gangguan, Sekarang Serba Otomatis dan Tanpa Kedip

Petugas PLN Kawasan Istana: Dulu Kami Lari Kesana Kemari Antisipasi Gangguan, Sekarang Serba Otomatis dan Tanpa Kedip

Pertugas PLN Kandung Dwi Ridho Pangestu (duduk) dan Andi Maranatha Tobing (berdiri) saat berkoordinasi memastikan sistem jaringan kelistrikan di Istana Kepresidenan Jakarta dalam kondisi yang aman.-pln-

JAKARTA, DISWAY.ID – Modern, segar, dan lebih andal, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi sistem kelistrikan Istana Kepresidenan Jakarta pasca revitalisasi dilakukan PT PLN (Persero). 

Revitalisasi ini mencatatkan sejarah karena merupakan yang paling signifikan dilakukan sejak Presiden Soekarno masih menjabat atau 63 tahun silam. 

Keberhasilan ini tentunya tak lepas dari perjuangan seluruh insan PLN yang berdedikasi penuh dalam merevitalisasi jaringan listrik Istana. 

Salah satunya Edi Yudistira (34), pegawai PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Menteng yang juga sebagai Team Leader Keandalan Istana Kepresidenan, dirinya mengungkapkan perubahan signifikan terjadi setelah direvitalisasinya listrik Istana.

BACA JUGA:Dua Terduga Teroris Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Diringkus Densus 88 di Boyolali

BACA JUGA:Luhut Berangkat ke Amerika Pasca Tesla Masuk Malaysia, Bahlil: Tesla Bukan Satu-satunya 

“Dulu gardu-gardu tersebar di setiap gedung di wilayah Istana Kepresidenan, kami melakukan pengukuran beban secara langsung satu persatu ke semua gedung setiap satu minggu sekali. Begitupun jika terjadi gangguan, kami harus datang ke lokasi untuk melakukan pengecekan,” ujar Edi pada peresmian Revitalisasi Kelistrikan Istana Presiden Jakarta 1 Agustus 2023.

Bersama 18 pekerja lainnya, ayah dari dua anak ini bergantian standby 24 jam penuh memastikan jaringan listrik Istana selalu dalam kondisi aman, rotasi tugas diberlakukan dengan sistem shift, masing–masing 8 jam per- shift -nya. 

Jika sebelum direvitalisasi ruangan kerja berdekatan dengan panel listrik yang cukup berisiko, selain itu juga bangunan sudah lama sehingga terlihat rentan, kotor, dan tidak nyaman, kini ia dan temannya sangat bersyukur, ruangan control center sangat aman, nyaman, luas, dan bersih serta dilengkapi teknologi terkini.

BACA JUGA:Mitsubishi Motors Mengungkap Desain Exterior Model Mitsubishi The New SUV, Performa dan Teknologi Ikut di Bocorkan

BACA JUGA:Makna dan Arti Kemerdekaan Bagi Masyarakat Indonesia

Hal senada juga dipaparkan oleh pegawai lainnya, Andi Maranatha Tobing (31) pegawai PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jakarta yang menjelaskan, PLN telah berhasil melakukan penguatan sistem kelistrikan dan menata ulang infrastruktur kelistrikan Istana dengan menerapkan teknologi paling modern. 

“Dulu, kalau ada gangguan, perintahnya manual pakai HT (radio komunikasi) dan kami lari kesana kemari ke genset, ke UPS (Uninterruptible Power Supply) dan melakukan pengaturan beban secara langsung dari titik gangguan,” kenang Andi.

“Sekarang semua sudah digital, perintahnya ke sistem sudah otomatis, monitoring dan pengaturan beban juga sangat cepat dan tanpa kedip karena menggunakan mekanisme pengamanan berlapis,” terang Andi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: