Petugas PLN Kawasan Istana: Dulu Kami Lari Kesana Kemari Antisipasi Gangguan, Sekarang Serba Otomatis dan Tanpa Kedip

Petugas PLN Kawasan Istana: Dulu Kami Lari Kesana Kemari Antisipasi Gangguan, Sekarang Serba Otomatis dan Tanpa Kedip

Pertugas PLN Kandung Dwi Ridho Pangestu (duduk) dan Andi Maranatha Tobing (berdiri) saat berkoordinasi memastikan sistem jaringan kelistrikan di Istana Kepresidenan Jakarta dalam kondisi yang aman.-pln-

PLN telah berhasil melakukan penguatan sistem kelistrikan dan menata ulang infrastruktur kelistrikan Istana dengan menerapkan teknologi paling modern. 

BACA JUGA:Rocky Gerung Datang, Pintu Aula FK UNAIR Tertutup Rapat!

BACA JUGA:Cara Membuat Nasi Goreng Simpel Tanpa Ribet!

Dalam hal ini, PLN mengubah sistem kontrol kelistrikan yang semula terpencar menjadi satu sistem kontrol yang terkonsolidasi. 

Hal ini untuk memitigasi gangguan dan kecepatan penanganan jika ada kendala.

”Jadi ketika terjadi gangguan di satu penyulang maka akan ada sistem otomatisasi untuk melakukan self healing atau pemulihan kelistrikan dengan sendirinya. Sistem ini dijamin tanpa kedip, karena sudah dilengkapi dengan UPS,” ujar Andi.

Kandung Dwi Ridho Pangestu (30), yang juga merupakan pegawai PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jakarta dan sedang menjadi petugas pembantu di control center powerhouse Istana Negara menceritakan, pengalaman dan kesan terhadap infrastruktur ini. 

BACA JUGA:Cara Membuat Kuah Bakso Sederhana, Gurih Nikmatnya Nampol!

BACA JUGA:Makna dan Arti Kemerdekaan Bagi Masyarakat Indonesia

”Istana Negara itu adalah lokasi yang vital dan VVIP, sehingga tidak dimungkinkan dilakukan pekerjaan konstruksi di hari kerja. Sehingga, kami diharuskan bekerja ekstra di weekend atau hari libur dan mengoptimalkan waktu yang cukup terbatas untuk menyelesaikan dengan kualitas terbaik,” terang Kandung.

“Walaupun kami harus bekerja ekstra namun hasilnya sangat memuaskan, disini infrastruktur kelistrikan dibangun dengan konsep green, beautiful dan smart berbasis artificial intelligence yang serba otomatis,” ucap Kandung.

Berkat kegigihan dalam berjuang merevitalisasi listrik Istana, kini jerih payah mereka terbayarkan. 

Secara tidak langsung upaya mereka juga akan meningkatkan kewibawaan bangsa Indonesia di mata internasional karena berhasil menghadirkan sistem kelistrikan Istana Kepresidenan yang lebih modern dan andal.

BACA JUGA: PLN Group Teken MOU dengan Enam Startup Pilihan untuk Kembangkan Bisnis di Luar Kelistrikan

BACA JUGA:Promo Kemerdekaan, PLN Beri Diskon Spesial Tambah Daya Hanya Rp170.845, Cek Persyaratannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: