7 Minuman yang Bisa Bersihkan Paru-Paru

7 Minuman yang Bisa Bersihkan Paru-Paru

7 minuman yang bisa membersihkan paru-paru-Ilustrasi/freepik-

Sebuah studi yang dilakukan kepada 2.478 orang menyebut kunyit bisa meningkatkan fungsi paru-paru.

Bagi perokok aktif, mengkonsumsi kunyit bisa meningkatkan 9,2 persen fungsi paru-paru menjadi lebih baik dibanding perokok lainnya yang tidak mengkonsumsinya.

3. Tomat

Tomat kaya akan likopen, antioksidan karotenoid yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru.

Sebuah penelitian tahun 2017 menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat bisa mengurangi peradangan saluran pernapasan bagi penderita asma.

Tomat juga meningkatkan fungsi paru bagi penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Hal ini karena tomat mengandung vitamin C yang cukup banyak serta kaya akan likopen dan antioksidan karotenoid.

BACA JUGA:10 Cara Alami Menjaga Kesehatan Paru-paru, Nomo 2 Paling Susah!

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung Epigallocatechin gallate (EGCG), yakni senyawa yang bekerja sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Itu bisa menghambat fibrosis paru dan jaringan parut (luka).

Studi kecil pada 2020 menunjukkan pengobatan ekstrak EGCG yang dilakukan selama 2 minggu bisa mengurangi gejala fibrosis. Penyakit itu ditandai dengan jaringan parut progresif yang mengganggu fungsi paru-paru.

5. Yogurt

Yogurt kaya akan kalsium, potasium, fosfor, dan selenium. Sebuah penelitian menyebut nutrisi dalam yogurt dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan melindungi dari risiko PPOK.

Studi lain yang dilakukan kepada remaja di Jepang menyebut kalsium, potasium, fosfor, dan selenium yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan fungsi paru-paru dan tinggi kalsium yang dapat mengurangi risiko PPOK sebanyak 35 persen.

6. Kopi

BACA JUGA:Boleh Dicoba, Ini 4 Khasiat Kopi Garam Bagi Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: