Menkes Bertemu Elon Musk di Amerika, Starlink Pasok Akses Internet di Puskesmas Terpencil

Menkes Bertemu Elon Musk di Amerika, Starlink Pasok Akses Internet di Puskesmas Terpencil

Menkes bertemu Elon Musk di Amerika dalam menjajaki kerajasama jaringan internet untuk Puskesmas terpencil.-sehatnegeriku.kemkes.go.id-

JAKARTA, DISWAY.IDMenkes bertemu Elon Musk di Amerika dalam menjajaki kerajasama jaringan internet untuk Puskesmas terpencil.

Jika kerjasama ini terjalin maka Starlink pasok akses internet di Puskesmas terpencil yang ada di Tanah Air.

“Ini merupakan upaya kami untuk memastikan layanan kesehatan yang setara dan merata di tanah air,” terang Budi G. Sadikin selaku Menteri Kesehatan.

BACA JUGA:Valkyrie XQ-58A Pesawat Jet AI Pertama Dipamerkan Amerika

BACA JUGA:KCIC Angkat Bicara Atas Belasan Sub Kontraktor Kereta Cepat Jakarta Bandung Protes Belum Dibayar: Kami Berkomitmen Menyelesaikan Kewajiban

“Puskesmas sebagai garda terdepan untuk menciptakan masyarakat yang sehat harus dipastikan infrastrukturnya memadai,” papar Budi.

Saat ini dari 10 ribu lebih Puskesmas yang ada, masih ada sekitar 2.200 Puskesmas dengan 11.100 Puskesmas Pembantu yang belum memiliki akses internet termasuk yang terletak di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Peningkatan konektivitas internet dapat membuka akses yang lebih baik ke layanan kesehatan, dan akses komunikasi antar daerah akan lebih mudah sehingga pelaporan dari fasilitas pelayanan kesehatan bisa real time. 

BACA JUGA:Belasan Sub Kontraktor Kereta Cepat Jakarta Bandung Protes Belum Dibayar, Tak Sanggup Biayai Anak Sekolah

BACA JUGA:Kondisi Terkini Sultan Rifat Alfatih Diungkap Ayahnya

Pertemuan antara Budi dengan Elon Musk juga mendukung agenda digitalisasi transformasi kesehatan Indonesia.

“Dengan adanya akses internet, konsultasi layanan kesehatan dapat dilakukan secara online. Peningkatan kemampuan tenaga kesehatan lewat pelatihan jarak jauh juga bisa dilakukan,” tambah Budi.

Starlink adalah nama jaringan satelit yang dikembangkan oleh perusahaan Spaceflight Swasta SpaceX untuk menyediakan internet murah ke lokasi terpencil. 

BACA JUGA:Heboh! Tiktoker Oklin Fia Unggah Video Jilat Es Krim Dinilai Tak Senonoh, Netizen Ramai Sebut Penistaan Agama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: