Strategi GRC Terstruktur Meningkatkan Pendapatan PLNE

Strategi GRC Terstruktur Meningkatkan Pendapatan PLNE

Direktur Utama PLN Enjiniring, Chairani Rachmatullah, mengungkapkan terdapat 3 lines model yang digunakan PLN Enjiniring untuk penerapan GRC di dalam Korporasi.-pln-

JAKARTA, DISWAY.ID – Menindaklanjuti keberhasilan kegiatan TOP GRC Awards yang diselenggarakan setiap tahunnya, serta untuk mendukung keberhasilan implementasi Governance, Risk, dan Compliance (GRC), PLN Enjiniring ikut serta dalam kegiatan TOP GRC Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia pada hari Selasa 8 Agustus 2023.

TOP GRC Awards adalah kegiatan penghargaan GRC yang tertinggi dan terbesar di Indonesia, serta mengedepankan aspek pembelajaran bersama tentang Tata kelola perusahaan (GCG), Risk Management, dan Compliance Management yang bertujuan untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi GRC Terintegrasi.

Dalam pemaparan yang dipresentasikan oleh Direktur Utama PLN Enjiniring, Chairani Rachmatullah, disebutkan 3 lines model yang digunakan PLN Enjiniring untuk penerapan GRC di dalam Korporasi.

BACA JUGA:Harry Kane Fix Pilih Merapat ke Bayern Munich, Kisah Cinta 14 Tahun di Tottenham Kini Berakhir

BACA JUGA:Wuling Air ev Bukukan Penjualan 10 Ribu Unit Dalam Setahun Gebrak GIIAS 2023

First Line yang digunakan adalah Pemrakarsa, dewan komisaris melakukan  pengawasan terhadap pengelolaan penerapan Manajemen Risiko dan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (GCG). Pengawasan tersebut dibantu oleh Komite Manajemen Risiko dan GCG Dewan Komisaris melalui rapat yang diselenggarakan selama 1 bulan sekali.

Second Line-nya merupakan Reviewer, dalam proses review ini direksi memastikan usulan atau saran yang disampaikan telah melalui proses GRC juga memastikan bahwa pengambilan keputusan sudah memperhatikan risiko dan etika yang sudah terukur. 

Setelah melewati review direksi, proses selanjutnya diteruskan ke sekretaris perusahaan yang akan menguji dan memastikan bahwa seluruh data dari pemrakarsa telah sesuai ketentuan. 

BACA JUGA:Harga Mitsubishi XForce yang Meluncur di GIIAS 2023

BACA JUGA:Gibran dan Prabowo Satu Mobil di Hari Veteran Nasional, Puan Maharani Beri Tanggapan Santai

Selanjutnya, saatuan manajemen dan risiko memastikan kajian risiko yang disusun sudah sesuai dengan ketentuan Manajemen Risiko yang berlaku.

Third Line yang digunakan dinamai Approver, Approver ini akan melaksanakan pengujian dan memastikan seluruh data yang disampaikan pemrakarsa telah sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan. 

Semua program dapat dilaksanakan setelah semua proses disepakati.

BACA JUGA:Teknologi Hybrid Suzuki Hadir di GIIAS 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: