Mengenal Pasal 'Kumpul Kebo', Aturan Hukum Baru yang Disahkan Pemerintah: Ketahuan Selingkuh Pidana 1 Tahun Penjara!

Mengenal Pasal 'Kumpul Kebo', Aturan Hukum Baru yang Disahkan Pemerintah: Ketahuan Selingkuh Pidana 1 Tahun Penjara!

Pemerintah sahkan aturan baru soal Kumpul Kebo-Ilustrasi-Pixabay

Pelaku diancam dengan pidana penjara satu tahun atau pidana denda kategori II. Adapun denda kategori II sebagaimana tercantum dalam Pasal 79 KUHP adalah setara Rp 10 juta.

BACA JUGA:Tanah Abang

Berikut bunyi Pasal 411 ayat (1):

“Setiap orang yang melakukan persetubuhan dengan orang yang bukan suami atau istrinya, dipidana karena perzinaan, dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau pidana denda paling banyak kategori II,” bunyi pasal 411 ayat (1).

"Setiap orang yang melakukan hidup bersama sebagai suami istri di luar perkawinan merupakan tindakan pidana. Pelaku dapat dikenai pidana penjara dan denda," bunyi pasal 412. 

Bagi yang melanggar, akan menerima hukuman kurungan maksimal 6 bulan, sementara hukuman denda paling banyak kategori II alias setara Rp 10 juta.

"Setiap orang yang melakukan hidup bersama sebagai suami istri di luar perkawinan dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 bulan atau pidana denda paling banyak kategori II," terangya

BACA JUGA:Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang Jadi Korban Kebakaran di Hawaii

Kontroversi

Yasona mengatakan, bahwa pasal kumpul kebo di KUHP baru itu sempat memicu kontroversi karena dinilai menyangkut ranah privasi. 

"Pasal kohabitasi (kumpul kebo) tidak dimaksudkan untuk itu, ujarnya. 

Menurut Yasona, kohabitasi perlu diatur agar masyarakat tidak main hakim sendiri dan bebas menangkap pelaku kumpul kebo.

"Kohabitasi yang dimaksudkan bukanlah kita juga bebas-sebebasnya menangkap orang, ada batasan, itu adalah delik aduan," terangnya.

"Yang bisa mengadukan adalah orang tua, anak, istri, suami," imbuhnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: