Kekurangan Vitamin Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut, Mitos atau Fakta?

Kekurangan Vitamin Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi rambut rontok-Pixabay-

Kekurangan vitamin D yang menyebabkan kerontokan rambut sebagian besar tidak terduga dalam banyak kasus.

Kekurangan Vitamin D sangat terkait dengan kerontokan rambut, terutama pada mereka yang memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya seperti telogen effluvium, alopecia areata, dan androgenic alopecia.

Kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan folikel rambut memasuki fase istirahat yang dapat menyebabkan penipisan rambut dan rambut rontok.

Telah ditemukan bahwa suplementasi vitamin D dapat secara efektif membantu pemulihan rambut pada pasien dengan kondisi seperti itu.

BACA JUGA:Aryanto Misel Buka-bukaan Rahasia Teknologi Ciptaannya, Mulai Obat Kutu Rambut Hingga Nikuba, 'Harus Hafal 3 Unsur Kimia!'

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kerusakan besar pada sistem kekebalan tubuh, yang dapat menyebabkan munculnya banyak penyakit.

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan rambut autoimun dan komplikasi tulang

Vitamin D dan kerontokan rambut dihubungkan oleh hubungan kekebalan yang membahayakan kesehatan dan rambut. Alopecia areata adalah salah satu penyakit autoimun yang berkembang ketika faktor-faktor tertentu dalam tubuh akhirnya menyerang folikel rambut. Ini mencegah pertumbuhan rambut, menyebabkan kebotakan akhirnya.

Kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan kondisi berikut:

BACA JUGA:Rambut Putih

Kelelahan, perubahan suasana hati, tekanan darah tinggi, kelemahan otot, dan nyeri kronis.

Selain itu, kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan melemahnya tulang karena merupakan faktor kunci pertumbuhan tulang.

Tulang yang lemah menjadi rapuh dengan cepat dan akibatnya dapat dengan mudah mengalami patah tulang.

Untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi ini dalam jumlah yang cukup, sertakan makanan seperti alpukat, kacang-kacangan, dan biji chia dalam makanan Anda. Diperlukan juga sinar matahari yang cukup untuk pembentukan kadar vitamin D dalam tubuh. Dianjurkan bagi mereka yang kekurangan vitamin D untuk mengonsumsi suplemen nutrisi ini, tetapi hanya setelah pendapat dokter. Anda juga disarankan untuk memeriksa apakah ada obat yang menguras nutrisi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: