Bus Listrik Resmi Beroperasi di Bandung, 27 Halte Untuk 455 Unit Bus

Bus Listrik Resmi Beroperasi di Bandung, 27 Halte Untuk 455 Unit Bus

Sebanyak 455 unit bus listrik akan beroperasi di Bandung, di mana ditandai dengen persemian yang dilakukan oleh Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat.-brt-

Adapun BRT akandidukung dengan 3 jenis bus listrik diantaranya MD 12E NF City Bus, MD 8E Cross Medium Bus dan Prototype Metropod gen-2.

MD 12E City Bus dengan panjang 12 meter dan dilengkapi baterai LiFePO 608, 58V 519 Ah, 315,85 KWh dengan transmisi AMT 4 kecepatan. 

Bus ini menjawab tantangan kebutuhan layanan transportasi massal perkotaan berupa bus berukuran besar sehingga dapat mengangkut lebih banyak penumpang, terutama di kota-kota besar yang memiliki jalan protokol berukuran lebar.

BACA JUGA:Identitas Penyewa Rumah Dino Patti Djalal Jadi Markas Penipuan Dikantongi Kepolisian: Terduga Gunakan KTP Palsu

BACA JUGA:Rumah Politikus PKB Digeledah, KPK Usut Kasus Korupsi Sistem Proteksi TKI di Kemnaker

Kemudian MD 8E Cross Medium Bus memiliki panjang 8 meter dan kapasitas baterai LiFePO 560,28V 228 Ah, 127,74 KWh dengan transmisi AMT 4 kecepatan. 

Dengan bus berukuran sedang, maka bus ini lebih fleksibel di jalanan menyesuaikan kondisi jalanan perkotaan di luar jalan protokol berukuran lebar.

Sedangkan Prototype Metropod Gen-2 merupakan pengamebangan dari MAB dengan konsep LSEV (Low Speed Electric Vehicle).

Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Berkecepatan Rendah ini yang sangat ideal digunakan sebagai kendaraan kecil pengangkut penumpang di lingkungan perumahan atau kompleks industri. 

BACA JUGA:Hanya 2 Hari Lagi! SIM Mati Bisa Diperpanjang Nggak Perlu Bikin Baru, Cek Lokasi SIM Keliling Jakarta-Bekasi Rabu 30 Agustus 2023

BACA JUGA:Ujian Dini

Dengan kecepatan maksimum 40 Km per Jam, didapat titik optimal antara efisiensi waktu perjalanan dengan faktor keamanan (safety) baik bagi penumpang, pengemudi, pejalan kaki atau pengguna jalan di lingkungan perumahan maupun di kompleks industri.

Metropod Gen-2 akan menjadi platform kendaraan listrik ukuran kecil yang siap dikembangkan oleh MAB menjadi Kendaraan Otonom (Autonomous Vehicle) sampai dengan Level 4 yang dikhususkan untuk mobilitas cerdas perkotaan.

Sedangkan kapasitas penumpang dari Metropod didesain agar dapat memuat 7-9 orang, di mana 4- 6 duduk dan 3 berdiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: