Armada Bus Transjakarta Bakal Ditambah Hingga 250 Unit

Armada Bus Transjakarta Bakal Ditambah Hingga 250 Unit

Armada bus Transjakarta bakal ditambah--Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku, pihaknya berencana menambah 200-250 unit Bus Transjakarta, termasuk juga Bus Listrik hingga akhir 2024.

"Berikutnya kan penambahan Transjakarta kendaraan bus kita beli kembali yang elektrik. Tahun lalu kan sudah, tahun ini juga nambah lagi," ujar Heru Budi di RSUD Cengkareng pada Jumat, 21 Juni 2024.

BACA JUGA:Anies Baswedan Mampir ke Jakarta Fair 2024, Walikota Jakpus Sebut Heru Budi Disoraki Pengunjung

Namun, Heru Budi belum dapat memastikan berapa jumlah target unit yang akan dibeli. Tetapi kata Heru, jumlahnya kurang lebih sekitar 200-250 armada.

"Jumlahnya saya lupa sekitar 200-an sampai 250," tuturnya.

Lebih dari itu, Heru mengatakan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan cakupan transportasi umum di Jakarta agar masyarakat dapat menggunakan transportasi umum dengan aman dan nyaman.

BACA JUGA:Heru Budi Kaget Saat Tinjau RSUD Cengkareng, Ada Remaja 18 Tahun Terkena Stroke

"Transportasi umum kan transjakarta sudah 89,7 persen melayani Jakarta. di sisi lain kan kita menuju pembayaran integrasi yg 10 ribu rupiah maksmimum," jelasnya.

Pembayaran integrasi itu merupakan jumlah satu kali saat menaiki dua atau lebih moda transportasi umum yang meliputi Transjarkarta, MRT dan LRT.

Sebagai informasi, pada tahun 2023 Transjakarta telah merealisasikan bus listrik sebanyak 100 unit.

BACA JUGA:Tanggapi Heru Budi Soal Kualitas Udara Jakarta, KLHK: Aktivitas Manusia Selalu Timbulkan Polusi

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Dinas Perhubungan, Syafrin Liputo.

Syafrin mengatakan, dengan adanya 100 unit bus listrik ini diharapkan mampu mereduksi emisi karbon dari yang sebelumnya berbahan bakar solar.

"Dengan operasional 100 bus listrik ini, maka kemampuan Transjakarta untuk mereduksi emisi karbon yang dihasilkan oleh bus-bus yang semula solar," ujar Syafrin.

BACA JUGA:Viral Jambret CFD Tertangkap Kamera Fotografer, Heru Budi: Emang Motor Bisa Masuk?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: