Bus Listrik Resmi Beroperasi di Bandung, 27 Halte Untuk 455 Unit Bus

Bus Listrik Resmi Beroperasi di Bandung, 27 Halte Untuk 455 Unit Bus

Sebanyak 455 unit bus listrik akan beroperasi di Bandung, di mana ditandai dengen persemian yang dilakukan oleh Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat.-brt-

JAKARTA, DISWAY.ID – Sebanyak 455 unit bus listrik akan beroperasi di Bandung, di mana ditandai dengen peresmian yang dilakukan oleh Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat.

Peresmian yang dilakukan pada Minggu 27 Agustus 2023 ini, seiring dengan ajang West Java Future Masstrans.

Dalam medukung operasional 455 Bus listrik yang akan menjadi Bus Rapid Transit (BRT) ini pihak pemerintaha kota Bandung juga telah menyiapkan sebanyak 27 halte.

Diharapkan dengan beroperasinya BRT akan dapat memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat yang efisien, ramah lingkungan dan terjangkau.

BACA JUGA:Dakwaan Berlapis Rafael Alun Mulai Gratifikasi Hingga Pencucian Uang Sejak 2003

BACA JUGA:Suzuki XL7 Hybrid Rambah Pasar Global, Sasar 20 Negara Tujuan Ekspor

Rencananya BRT akan terintegrasi dengan kereta Bandung Raya serta kereta cepat, sehingga masyarakat akan dimanjakan dengan kemudahan bermobilitas dan efisiensi waktu tempuh juga perjalanan.

Nantinya BRT akan melayani masyarakat Jawa Barat yang bermukim di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Sumedang. 


Metropod Gen-2 akan menjadi platform kendaraan listrik ukuran kecil yang siap dikembangkan oleh MAB menjadi Kendaraan Otonom (Autonomous Vehicle) sampai dengan Level 4 yang dikhususkan untuk mobilitas cerdas perkotaan.-brt-

Selain itu, BRT akan terintegrasi dengan empat stasiun di Bandung Raya, seperti Stasiun Bandung, Stasiun Cimahi, Stasiun Padalarang, dan Stasiun KCJB Tegalluar.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan menandatangani Nota Kesepahaman tentang Rencana Kerja sama Bus Listrik Untuk Layanan Transportasi Publik antara PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dan PT Jasa Sarana (Jasa Sarana).

Ridwan Kamil menjelaskan bahwa dengan mulai beroperasinya BRT, merupakan sebuah transformasi angkutan umum perkotaan (angkot) menjadi transportasi umum bertenaga listrik.

BACA JUGA:Istri Rafael Alun Trisambodo Ikut Didakwa Terima Gratifikasi Rp16.6 Miliar, JPU Beberkan Perusahaan yang Terlibat

BACA JUGA:Baru Beroperasi LRT Mogok 2 Kali, Gangguan TPSS Listrik Disebut Jadi Biangnya

BRT akan tampil dengan desain bus dan maskot ‘Trans Bagja’ yang merupakan hasil sayembara beberapa waktu lalu dari kreasi generasi muda Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: