Kerjasama Politik Partai Gerindra dan PKB Resmi Berakhir

Kerjasama Politik Partai Gerindra dan PKB Resmi Berakhir

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Partai Gerindra menyatakan kerjasama politik dengan PKB dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) resmi berakhir.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad saat konferensi pers di kawasan DPR RI, Jakarta Pusat, Jumat, 1 petembak 2023.

Dia pun menjelaskan alasan KKIR bubar karena terdapat dinamika politik yang terjadi dengan partai koalisinya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yaitu menerima kerjasama politik dengan Partai NasDem.

BACA JUGA: Pernyataan Sikap Demokrat : Cabut Dukungan dari Anies Baswedan, Keluar Koalisi

“Dengan dinamika yang terjadi serta terhadap keputusan yang telah diambil oleh PKB yaitu menerima kerjasama Politik dengan Partai NasDem, sehingga otomatis menyebabkan kerjasama politik gerindra dan PKB berakhir atau koalisi KKIR menjadi bubar dengan sendiri nya,” ujar Sufmi Dasco Ahmad kepada media.

Dengan berakhirnya kerjasama politik antara Partai Gerindra dan PKB, maka Sufmi Dasco Ahmad mengucapkan selamat tinggal kepada PKB dan berharap Pemilu 2024 tetap berlangsung dengan damai.

“Pada prinsipnya kami menghormati, mengucapkan selamat berjuang, serta mengajak untuk bersama-sama menjaga iklim pemilu yang akan datang dengan sejuk dan damai, agar pemilu 2024 berlangsung aman dan lancar,” imbuhnya.

BACA JUGA:Merasa Ditikung NasDem, SBY Bersyukur dan Singgug Soal Pengalaman Mahfud MD

Di sisi lain, pihak PKB telah resmi menerima tawaran kerjasama politik dari Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Tidak hanya itu, bahkan pihaknya juga setuju dengan keputusan yang menduetkan Bacapres Anies Baswedan dengan Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

“Barusan diputuskan, yang pertama kami menerima dan akan menindaklanjuti lamaran Partai NasDem kepada Ketua Umum kami Gus Muhaimin untuk bersama maju Pilpres 2024 dengan saudara Anies Baswedan," kata Sekjen DPP PKB Hasannudin Wahid di Kantor DPW PKB, Surabaya, Jumat, 1 Agustus 2023.

Adapun keputusan tersebut merupakan hasil tindak lanjut rapat pleno yang dilakukan di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Jumat, 1 Agustus 2023 pagi tadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: