Bisa Tumbuh Kolaborasi dengan BUMN, Bantu Perkembangan UMKM

Bisa Tumbuh Kolaborasi dengan BUMN, Bantu Perkembangan UMKM

Bisa Tumbuh Kolaborasi dengan BUMN, Bantu Perkembangan UMKM-Rafi Adhi Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID - Bisa Tumbuh mengumumkan kolaborasinya dengan Rumah BUMN melalui rangkaian kegiatan bertema 'Tumbuh Bersama, Bisa Tumbuh'.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan kolaborasi ini merupakan komitmen inovatif Bisa Tumbuh dan Rumah BUMN demi memajukan UMKM Indonesia serta memberikan dorongan nyata bagi pertumbuhan ekonomi bangsa. 

Diungkapkannya, beberapa fokus kolaborasi adalah melalui pemanfaatan teknologi untuk menaikan level bisnis UMKM, peningkatan kompetensi, peningkatan akses pemasaran dan kemudahan akses permodalan.

BACA JUGA:Dapat Modal & Inkubasi Bisnis, UMKM Pesta Rakyat Simpedes BRI Sukses Jadi Produsen Snack di Jawa Timur

Berdasarkan data pemerintah Indonesia, ada sekitar 21 juta UMKM atau 32% dari total 64 juta UMKM yang sudah memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan ekonominya. Akan tetapi, angka ini masih perlu ditingkatkan agar bisa meraih target 30 juta UMKM go digital pada tahun 2023. 

"Sebagai Agent of Development, Kementerian BUMN berkomitmen mendukung pemerintah dan mendorong pemerataan ekonomi Indonesia, serta kesejahteraan masyarakat. Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai program dan inisiatif, diantaranya yang fokus pada bidang UMKM. Oleh karena itu, kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Bisa Tumbuh diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap para pelaku UMKM dan masyarakat luas," katanya kepada Awak media, Kamis 7 September 2023.

Sementara CEO Bisa Tumbuh, Chiko Maradona menerangkan pihaknya akan menghadirkan solusi inovatif melalui pemanfaatan Machine Learning & Generative AI.

BACA JUGA:Menteri BUMN Erick Thohir Dorong Pembiayaan Berkelanjutan dalam Pembukaan ASEAN-Indo Pacific Forum, BRI Siap Perbesar Portofolio Pembiayaan

"Sebagai perusahaan startup yang berkomitmen kuat untuk selalu memberikan inovasi yang dapat memberikan dampak signifikan dalam mendukung pertumbuhan dan kemajuan UMKM di Indonesia, Bisa Tumbuh selalu menghadirkan solusi yang inovatif, melalui pemanfaatan Machine Learning & Generative AI demi menciptakan solusi yang dipersonalisasi demi memaksimalkan potensi setiap UMKM," terangnya.

"Kolaborasi ini merupakan buah pertukaran pikiran antara Bisa Tumbuh dan Rumah BUMN dan menjadi titik awal pemberdayaan UMKM yang nyata. Selain itu, kolaborasi ini diharapkan juga dapat menginspirasi banyak UMKM untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki secara penuh, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," tambahnya.

Sedangkan Arya Sinulingga, Staf Khusus III Menteri BUMN menjelaskan Rumah BUMN merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan kementerian BUMN. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak, termasuk bersama dengan pihak swasta.  

BACA JUGA:Kolaborasi BUMN, PLN-Pupuk Indonesia Gandeng ACWA Power Bangun Integrated Green Hydrogen dan Green Ammonia

"UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi Indonesia yang  bisa membantu meningkatkan kemakmuran negeri. Rumah BUMN merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan kementerian BUMN untuk turut mendukung pemberdayaan UMKM demi melahirkan UMKM yang berkualitas melalui kegiatan literasi dan pembinaan," ucapnya.

"Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak, termasuk bersama dengan pihak swasta.  Oleh karena itu, kami menyambut baik kolaborasi bersama Bisa Tumbuh yang memiliki visi dan misi yang sama dengan kami (Rumah BUMN) dalam pemberdayaan UMKM melalui pemanfaatan teknologi dan pengembangan ekosistem digital," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: