Mobil Patroli Nyaris Serempet Tamu Negara Laos, IPW: Kapolri Harus Tegur Keras Dirlantas

Mobil Patroli Nyaris Serempet Tamu Negara Laos, IPW: Kapolri Harus Tegur Keras Dirlantas

Indonesia Police Watch menyoroti virarnya mobil polisi patroli lalu lintas Polda Metro Jaya hampir menyerempet rombongan iring-iringan mobil delegasi Laos KTT ASEAN.-twitter @sugengteguhs-

JAKARTA, DISWAY.ID - Indonesia Police Watch menyoroti viralnya mobil polisi patroli lalu lintas Polda Metro Jaya nyaris menyerempet iring-iringan mobil tamu negara dalam KTT ASEAN asal Laos.

Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso mengatakan Kapolri harus menegur keras Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman.

"Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo harus menegur keras  Dirlantas Polda Metro Jaya kombes Pol.M. Latif Usman yang tidak becus mengendalikan anak buahnya yang menerobos barisan tamu negara dalam KTT ASEAN ke-43," katanya kepada awak media melalui keterangan tertulisnya, Jumat 8 September 2023.

BACA JUGA:Penemuan Tengkorak Ibu dan Anak di Depok Diambil Alih Polda Metro Jaya

Menurutnya, kelalaian Dirlantas Polda Metro Jaya terlihat dalam video yang viral. Dimana, mobil patroli tersebut hampir menyerempet rombongan.

"Ketidakbecusan dan kelalaian Dirlantas Polda Metro Jaya itu terlihat pada tayangan yang viral di media sosial pada Kamis (7 September 2023) saat delegasi Laos yang dengan pengawalan ketat, diterobos mobil patroli dari Polda Metro Jaya dan hampir menyerempet rombongan tamu negara," ujarnya.

"Peristiwa di Kolong Semanggi pada Rabu (6 September 2023) itu, seharusnya tidak terjadi kalau Dirlantas Polda Metro dan seluruh jajarannya mematuhi SOP yang diberlakukan untuk pengamanan KTT ASEAN ke 43. Pasalnya, jalur peserta delegasi KTT ASEAN harus kosong dan steril. Sehingga, setiap kendaraan di pertigaan diberhentikan," lanjutnya.

IPW meminta Kapolri untuk mengusut peristiwa masuknya patroli tersebut.

"Oleh sebab itu, Indonesia Police Watch (IPW) meminta kepada Kapolri untuk mengusut masuknya mobil patroli dari Polda Metro Jaya yang menerobos jalur rombongan delegasi Laos dan menegur Keras  Dirlantas Polda Metro Jaya. Serta memberikan sanksi kepada pengemudinya yang arogan dengan menerabas SOP yang ada," tuturnya.

BACA JUGA:Viral! Mobil Patroli Polisi Hampir Serempet Rombongan Iring-iringan Laos

Hal tersebut dinilainya sebagai kejadian yang memalukan Indonesia di mata tamu undangan.

"Hal ini sangat memalukan Indonesia di dunia internasional karena viralnya peristiwa tersebut tayang di dunia maya dan menurunkan citra Polri di masyarakat," terangnya.

Diketahui, Viral video mobil patroli lalu lintas Polda Metro Jaya yang hampir menyerempet rombongan iring-iringan delegasi Laos dalam KTT ASEAN 2023.

Salah satu akun yang memposting video tersebut adalah akun Twitter @MurtadhaOne1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: