Momen Yusril Ihza Mahendra Ziarah ke Makam KH Abdullah Faqih

Momen Yusril Ihza Mahendra Ziarah ke Makam KH Abdullah Faqih

Momen Yusril Ihza Mahendra Ziarah ke Makam KH Abdullah Faqih-tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pengasuh Pondok Pesantren Langitan, KH Ubaidillah Faqih, mengajak Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Sekjen PBB Afriansyah Noor dan Ketua DPW PBB Jawa Timur Muhammad Masduki untuk beriazah ke makam KH Abdullah Faqih dan para leluhur pendiri Pondok Langitan di Babat, Jawa Timur, Minggu malam 10 September 2023.

Sambil berjalan menuju makam, Kiyai Ubaidillah menceritakan sejarah Pondok Pesantren Langitan sejak berdiri sekitar 1850 sampai sekarang.

BACA JUGA:Disarankan Rocky Gerung, Yusril Ihza Mahendra Siap Jika Ditunjuk Jadi Pelindung Hukumnya Jokowi

Kiyai Ubaidillah adalah generasi ke tujuh yang memimpin pondok pesantren yang secara turun-temurun dipimpin oleh para kiyai kharismatik tersebut.

Yusril mengenal pondok pesantren itu dari Almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Yusril juga mengungkapkan, dia sempat beberapa kali bertemu dengan almarhum Kiyai Abdullah Faqih karena diajak Gus Dur yang sangat menghormati para kiyai Langitan.

BACA JUGA:Rocky Gerung: 'Yusril Dampingi Prabowo Jadi Cawapres, Lebih Masuk Akal!'

“Bahkan tidak jarang Gus Dur belum berani ambil keputusan penting sebelum mendengarkan pandangan Kiyai Langitan,” kenang Yusril yang menjadi Menteri Kehakiman dan HAM ketika Gus Dur menjadi Presiden, Senin 11 September 2023.

Di makam KH Abdullah Faqih dan para leluhur Pondok Pesantren Langitan, Kiyai Ubaidillah berdiri membaca alfayihah dan beberapa surah Al-Qur'an sebelum membacakan doa di hadapan makam para leluhur.

BACA JUGA:Rocky Gerung: Yusril Lebih Pantas Jadi Tameng Hukum Jokowi

Usai berdoa, Kiyai Ubaidillah memberikan nasehat kepada Yusril agar bersikap lurus dan tawakkal dalam berjuang dan jangan sekali-kali melalaikan amanah.

“Saya kenal Pak Yusril sebagai orang yang lurus dan pikirannya jernh melihat persoalan bangsa kita. Beliau seorang ahli hukum yang mumpuni yang dibutuhkan bangsa ini untuk menegakan hukum dan keadilan. Semoga Allah SWT memberikan jalan yang terbaik untuk Pak Yusril,” tukas Kiyai Ubaidillah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: