Dokter Hasto Ungkap Fakta Baru, Ikan Lele Mampu Mencegah Stunting

Dokter Hasto Ungkap Fakta Baru, Ikan Lele Mampu Mencegah Stunting

Dokter Hasto Ungkap Fakta Baru, Ikan Lele Mampu Mencegah Stunting-Dok BKKBN-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Hasto Wardoyo mendorong masyarakat mengonsumsi ikan lele untuk mencegah stunting.

"Kalau menyuapi makan anak, jangan hanya mie saja atau nasi dengan kerupuk," ujar Dokter Hasto dalam sosialisasi percepatan penurunan stunting di Kelurahan Jepon, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu 10 September 2023 kemarin.

BACA JUGA:Kepala BKKBN Dokter Hasto dan Pj Gubernur Aceh Akan Konvergensikan Semua Kekuatan Untuk Turunkan Stunting

"Harus ada protein hewani yaitu ikan lele. Ikan lele ini protein hewaninya cukup tinggi. Jadi bisa mencegah stunting," tambahnya.

Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Blora diinisiasi anggota Komisi IX DPR Edy Wuryanto itu dihadiri Deputi Advokasi, Penggerakan, dan Informasi (Adpin) BKKBN Sukaryo Teguh Santoso, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, Kepala Perwakilab BKKBN Provinsi Jawa Tengah Eka Sulistia Ediningsih.

Menurut Dokter Hasto, selain mengandung protein hewani yang cukup tinggi, ikan lele juga harganya murah dan mudah dibudidayakan oleh masyarakat.

BACA JUGA:Kolaborasi BKKBN dan TNI AL, Gelar Praktik Baik Ketahanan Pangan Potensi Maritim Untuk Percepatan Penurunan Stunting

Kandungan protein hewani ikan lele menurut Dokter Hasto lebih tinggi dibandingkan daging sapi.

Dokter Hasto juga berdialog dengan warga dan menanyakan berapa harga ikan lele per kilogramnya.

"Ikan lele Rp23 ribu per kilonya Pak. Kalau telur Rp26 ribu per kilo," kata warga.

Selanjutnya Dokter Hasto dan anggota Komisi IX DPR Edy Wuryanto menebarkan benih ikan lele untuk dibudidayakan di rumah-rumah warga.

BACA JUGA:Pendukung Anies Baswedan Minta Pemerintah Fokus Urus Masalah Stunting

"Ikan lele ini untuk mencegah stunting. Masyarakat bisa memanen ikan lele dari halaman rumah sendiri," jelas Dokter Hasto.

Bantuan benih ikan lele diberikan di halaman rumah Supriyono yang memiliki anak stunting berusia 3 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: