Ukhuwah Wathaniyah dalam Koalisi Perubahan, Persatuan Aswaja, dan Wahabi

Ukhuwah Wathaniyah dalam Koalisi Perubahan, Persatuan Aswaja, dan Wahabi

KH Imam Jazuli Lc--

MEMASUKI Pemilu 2024, peta politik koalisi sangat mengejutkan. Trigger utamanya adalah paska deklarasi bakal calon presiden Anies Baswedan berpasangan dengan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar. Paslon ini didukung oleh partai-partai Nasdem-PKB dan PKS. Yang menarik 2 partai religius PKB dan PKS memiliki corak ideologi keagamaan terkesan berseberangan satu sama lain; Partai Kebangkitan Bangsa (Ahlus Sunnah wal Jama'ah), dan Partai Keadilan Sejahtera sering di persepsi Wahabiah

Koalisi PKB- PKS dan Nasdem memang pantas disebut koalisi perubahan. Bukan saja menghadirkan visi-misi dan program kerja yang akan memperbaiki hal-hal kurang baik, dan meneruskan hal-hal yang sudah baik, tetapi juga menghadirkan kebaharuan perilaku dan pemikiran politik. Anggapan bahwa partai politik berideologi Aswaja (PKB) mustahil berkoalisi dengan partai politik berideologi Wahabi-Salafi (PKS) telah dipatahkan.  

Patahnya hipotesa perseteruan abadi antara politik Aswaja dan politik Wahabi-Salafi disebabkan kemunculan Koalisi Perubahan. Sebab, koalisi ini dibangun di atas dua spirit utama: pertama, persaudaraan kebangsaan (ukhuwah wathaniyah), dan kedua, persatuan kebangsaan (wahdah wathaniyah). Dua terminologi ini sudah sangat populer di ruang-ruang akademik. 

BACA JUGA:Memahami Dengan Sederhana Konsep Ukhuwah Islamiyah

Persaudaraan kebangsaan melandasi lahirnya kecintaan pada bangsa (nasionalism), dan perjuangan membela bangsa (patriotisme). Cinta lahir karena saling mengenal satu sama lain, merasa nyaman saat bersama, dan terhubung lahir dan batin. Sementara bila cinta sudah tumbuh mekar, berjuang dan berkorban demi bangsa dan negara menjadi sebuah keniscayaan. Saat itulah lahir yang disebut Persaudaraan Kebangsaan atau Ukhuwah Wathaniyah

Persaudaraan Kebangsaan juga merupakan akar bagi pohon Persatuan dan Kesatuan Kebangsaan (Wahdah Wathaniyah). Persaudaraan adalah awal bagi persatuan dan kesatuan. Tanpa persaudaraan, persatuan mudah pecah dan runtuh. Sebuah negara yang gagal bersatu, diwarnai konflik dan perpecahan, disebabkan anak bangsanya tidak bersaudara. Dengan kata lain, Persatuan Bangsa dan Negara (Wahdah Wathaniyah) adalah buah manis Persaudaraan Kebangsaan. Koalisi PKB dan PKS adalah cerminan dari persaudaraan ini, dalam rangka mewujudkan persatuan.

Dalam buku "Al-Islam wa al-Hadharah Al-Gharbiyah," Muhammad Muhammad Husain (1912-1982) mengatakan bahwa ukhuwah wathaniyah dari sekedar ukhuwah Islamiah. Siapapun yang tinggal di sebuah negara (wathan), maka wajib baginya untuk gotong royong (ta'awun) menyempurnakan kehidupan dan sistem (nizham) negaranya tersebut. Ada sebuah hikmah dari pasa sahabat Nabi saw., yang mengatakan: "sesuatu yang wajib dilakukan seorang muslim terhadap muslim lainnya juga wajib dilakukan terhadap seluruh warga negaranya (ahlun wathan)" (hlm. 20).

BACA JUGA:Mengkudeta Gus Dur, Isu Politik Tidak Konsisten

Persaudaraan Kebangsaan ini sangat penting, terutama sejak sistem politik monarki terkubur sejarah, kemudian negara bangsa (nation state) lahir ke dunia, bersamaan pula dengan perlawanan terhadap kolonialisme. Negara bangsa hadir sebagai imaji baru, yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Imaji ini tentang kedaulatan manusia dalam mengatur dirinya sendiri, dan menentukan nasibnya sendiri. Walaupun pada gilirannya berganti perspektif, dimana negara yang telah menerima mandat dari rakyat akan berperan dalam mengatur rakyatnya.

Kedaulatan manusia dalam mengatur dan menentukan, termasuk untuk bernegara, tidak serta merta muncul tanpa alasan. Bisa saja kesamaan identitas, bahasa, budaya, dan keyakinan menjadi alasan bersama manusia yang berdaulat dalam bertindak, berinteraksi, dan membangun pemerintahan sebuah negara. Namun, alasan-alasan bersama tersebut lahir dari proses panjang dialektika, dinamika, hingga sintesa berbagai kepentingan. Sering pula kesamaan identitas, bahasa, budaya, dan keyakinan menjadi faktor perpecahan.

Sementara Hasan Hanafi (1935-2021), dalam bukunya "Al-Yasar Al-Islami wa Al-Wahdah Al-Wathaniyah," memberi porsi percakapan yang sangat luas tentang pentingnya persaudaraan kebangsaan sebagai basis utama terciptanya persatuan dan kesatuan. Hasan Hanafi mengatakan, "al-wahdah al-wathaniyah laisat mujarrad syi'ar wa da'wah bal hiya wahdah tubna bi al-hiwar baina al-tiyarat al-fikriah al-mukhtalifah allati hiya fi jawhariha tiyarat siyasiyah" (hlm. 112).

Persatuan kebangsaan bukan semata-mata berdakwah dan menyampaikan syi'ar Islam. Tetapi juga persatuan kebangsaan yang lahir dari dialektika diantara berbagai pemikiran kebangsaan yang beragam; lebih-lebih aliran politik. Dengan kata lain, persatuan kebangsaan bukan pemaksaan, melainkan kesadaran yang tumbuh sepanjang proses dialektika dan musyawarah sehingga mencapai mufakat. Pemaksaan persatuan malah kontraproduktif, bahkan bisa menyebabkan perpecahan.

Telah begitu banyak bukti, ketika dialektika politik gagal melahirkan persatuan, maka keimanan akan Tuhan Yang Maha Esa dan kerasulan Muhammad saw bukan jaminan berhentinya konflik dan perpecahan. Sebut saja perang saudara di Yaman; dimana pihak pemerintah Yaman mendapat dukungan dari Arab Saudi dan pihak sipil (Houthi) yang anti-pemerintah didukung penuh oleh Iran (BBC, 23/03/2021). Atau, perang saudara yang terjadi di Suriah, dimana pihak pemerintah didukung oleh golongan Syi'ah Alawi dan pihak sipil yang anti-pemerintah didominasi warga Sunni, seperti ISIS dan Jabhat al-Nushra (Kompas, 12/02/2020).

Dengan demikian, koalisi PKS dan PKB merupakan cerminan dialektika dan musyawah politik yang diharapkan Hasan Hanafi. Koalisi pemikiran politik ala Aswaja dan pemikiran politik ala Wahabi-Salafi adalah pekerjaan bidan-bidan ideologi, yang membantu kelahiran persatuan dan kesatuan yang tidak dipaksakan melainkan didialogkan. Koalisi PKS dan PKB bukan saja menguntungkan bagi kepentingan pragmatis dan elektoral mereka, tetapi juga kepentingan para akademisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: