Hari Kesaktian Pancasila Jatuh pada Tanggal? Begini Sejarah Singkatnya

Hari Kesaktian Pancasila Jatuh pada Tanggal? Begini Sejarah Singkatnya

Sejarah Singkat Hari Kesaktian Pancasila-cagarbudaya.kemdikbud.go.id-Website

JAKARTA, DISWAY.ID - Hari Kesaktian Pancasila Jatuh pada Tanggal? Simak penjalasan lengkapnya tentang sejarah singkat Hari lahirnya Kesaktian Pancasila di artikel ini.

Tanggal 1 Oktober merupakan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tahunnya.

Mengenang peristiwa Gerakan 30 September (G30S) yang terjadi 55 tahun yang lalu dan menewaskan beberapa perwira Angkatan Darat, yang kemudian dinyatakan sebagai pahlawan revolusi. Namun, setelah peristiwa tersebut, kita juga menyaksikan pembantaian massal terhadap orang-orang yang dituduh sebagai anggota PKI atau komunis.

BACA JUGA:Tema dan Panduan Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023, dari Tingkat Pusat Hingga Sekolah

Penetapan Hari Kesaktian Pancasila dilakukan melalui Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat pada tanggal 17 September 1966.

Peringatan ini secara khusus diperingati oleh Angkatan Darat.

Saat itu, Soeharto menjabat sebagai Menteri/Panglima AD yang juga menjabat sebagai Panglima Komando Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Pangkopkamtib). Soeharto kemudian menjadi orang yang mengambil alih kekuasaan tertinggi dari Sukarno dan menjadi Presiden RI ke-2, mengakhiri masa Orde Lama dan menggantinya dengan rezim Orde Baru.

Pada tanggal 24 September 1966, Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian mengusulkan agar peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga melibatkan seluruh jajaran Angkatan Bersenjata.

BACA JUGA:Panji Gumilang Disebut Punya 'Kesaktian' di Ponpes Al Zaytun, Polisi Saja Kalah: Jika Punya Duit Semua Boleh Dilakukan

Soeharto, yang menjabat juga sebagai Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan, mengeluarkan surat keputusan pada tanggal 29 September 1966 yang menetapkan bahwa Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh slagorde Angkatan Bersenjata dengan melibatkan massa rakyat.

Ada pandangan yang berbeda mengenai relevansi peristiwa 30 September 1965 dengan kesaktian Pancasila.

Masyarakat pada umumnya mempertanyakan apakah peristiwa tersebut memang terkait dengan kesaktian Pancasila atau tidak.

Gerakan 30 September adalah upaya perebutan kekuasaan dan tidak ada hubungannya dengan kehebatan Pancasila.

BACA JUGA:Jokowi : Ideologi Pancasila Membuat Indonesia Diterima dan Diakui Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: