Polri Terbitkan SKCK 3 Bacapres dan 1 Bacawapres

Polri Terbitkan SKCK 3 Bacapres dan 1 Bacawapres

Anies Baswedan mengurus SKCK di Badan Intelkam Mabes Polri, 25 September 2023. -Twitter @aniesbaswedan-

JAKARTA, DISWAY.ID- Polri menerbitkan 4 Surat Keterangan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres). 

Seperti diberitakan sebelumnya, sementara ini terdapat 3 bacapres dan 1 bacawapres untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, SKCK tersebut, diterbitkan oleh Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Bertemu Mega, Dilanjut Makan Bareng Prabowo, Golkar Bergegas Tegaskan RK Bukan Bacawapres

Namun, penerbitan SKCK itu tidak bersamaan, sesuai waktu pengajuan para pemohon bacapres dan bacawapres.

"Baintelkam Polri sudah menerbitkan SKCK untuk Bakal Calon Presiden Anies Baswedan. Baru saja terbit," kata Brigjen Ramadhan di Jakarta, Senin 25 September 2023. 

Anies mengonfirmasi kepada pewarta, mengurus SKCK di Loket Pelayanan Masyarakat Baintelkam Polri, Gedung Tripatra, Cilandak, Jakarta Selatan, pada pukul 11.30 WIB.

BACA JUGA:Anies Komentari Sistem Polri Setelah Urus SKCK

BACA JUGA:Tetap di Koalisi Perubahan, PKS Resmi Dukung AMIN, Anies Pidato Begini

"(SKCK terbit atas nama) Bapak Ganjar Pranowo, Bapak Prabowo, Bapak Muhaimin, dan Bapak Anies Baswedan," ujar Brigjen Ramadhan.

Dia menjelaskan, penerbitan SKCK Bacapres Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Bacawapres Muhaimin Iskandar, pada Kamis 14 September 2023. 

"SKCK Prabowo terbit seminggu lalu," ujar Brigjen Ramadhan. SKCK berisi surat keterangan resmi diterbitkan Polri sebagai bukti bahwa orang yang bersangkutan berkelakuan baik atau tidak pernah melakukan tindak kriminal.

Sebab, KPU menjadikan SKCK sebagai salah satu persyaratan harus dilengkapi oleh para peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Termasuk, berlaku untuk ketentuan peserta Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Anies-Muhaimin adalah pasangan bakal calon Pilpres 2024 akan diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Koalisi itu terdiri dari Partai Nasdem, PKB, dan PKS. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: