Polri Siapkan Pola Pengamanan TPS Rawan Pemilu 2024

Polri Siapkan Pola Pengamanan TPS Rawan Pemilu 2024

Brigjen Ahmad Ramadhan -Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyiapkan pola pengamanan TPS (tempat pemungutan suara) sesuai dengan tingkat kerawanan. 

Pola pengamanan ini akan diterapkan dalam rangka pengamanan pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2024.

Di tingkat Mabes Polri terdapat 9 satgas, di tingkat Polda 7 satgas, dan di tingkat Polres ada 6  satgas. 

BACA JUGA:Ribuan Anggota Polri Dikerahkan Dalam Operasi Mantap Brata Untuk Amankan Pemilu 2024 yang Dipimpin Komjen Fadil Imran

Sementara itu, Satgasops pusat terdiri dari satgas preemtif, satgas preventif, satgas tindak, satgas gakkum, satgas pam capres dan cawapres, satgas anti teror, satgas pengamanan TPS luar negeri, satgas humas, dan satgas banops.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan, pola pengamanan TPS akan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu TPS kurang rawan, TPS rawan, dan TPS sangat rawan.

"Pola pengamanan TPS akan disesuaikan dengan tingkat kerawanan,” kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Senin 25 September 2023. 

BACA JUGA:Bawaslu Khawatir ASN Tidak Netral Jelang Pemilu 2024

Dalam hal ini Polri menyelenggarakan operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Mantap Brata 2023-2024” berdasarkan renops mantap brata Tanggal 14 September 2023 tentang pengamanan pemilihan umum tahun 2024.

Dilaksanakan oleh mabes polri dan satuan kewilayahan, didukung oleh tni, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya Dalam rangka pengamanan pemilu tahun 2024 yang dilaksanakan selama 222 (dua ratus dua puluh dua) hari.

Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan, operasi ini mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, dengan didukung kegiatan penegakan hukum, humas, dan banops.

“Pola operasi pemeliharaan keamanan yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, dengan didukung kegiatan penegakan hukum, humas, dan banops. Sehingga terwujud situasi kamtibmas yang kondusif diseluruh wilayah kesatuan republik indonesia,” kata Brigjen Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Senin 25 September 2023. 

BACA JUGA:Jadwal Pemungutan Suara Pemilu 2024 Lebih Cepat, KPU Prioritas Logistik Luar Negeri

Operasi Mantap Brata 2023-2024 dipimpin oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol. Mohammad Fadil Imran selaku kaops dan dibantu oleh Dankor Brimob Polri Komjen Pol. Anang Revandoko selaku wakaops.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: